BREAKING NEWSPemerintahan

Pj Bupati Konawe Paparkan Program Prioritas Dihadapan Pj Gubernur di Acara Musrembang Yang di Gelar Bappeda Sultra

1286
×

Pj Bupati Konawe Paparkan Program Prioritas Dihadapan Pj Gubernur di Acara Musrembang Yang di Gelar Bappeda Sultra

Sebarkan artikel ini
Suasana Pj Gubernur Sultra membuka acara Musrembang yang di Gelar Bappeda Sultra, Kamis (18/4/2024).di Kendari

KENDARI, Mediakendari.com – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Harmin Ramba memaparkan beberapa program prioritas Kabupaten Konawe dihadapan Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto pada pembukaan Pra Musrenbang Sultra disalah satu hotel di Kota Kendari, Kamis 18 April 2024.

Harmin menyebut, pihaknya bakal melaksanakan 10 program prioritas yang tertuang pada peraturan daerah nomor 3 tahun 2021 tentang RPJMD Kabupaten Konawe tahun 2021-2026 diantaranya digitalisasi Birokrasi yang merupakan upaya Pemda Konawe dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara profesional, efektif, inovatif dan akuntabel.

“Program ini selaras dengan prioritas pembangunan provinsi Sultra yaitu peningkatan tata kelola pemerintahan yang berkualitas dan inovatif,” ungkapnya.

Program prioritas lainnya, kata Harmin, yakni membina Sumber Daya Manusia (SDM) yang tangguh dengan tujuan untuk menciptakan manusia yang memiliki kemampuan pengetahuan, keahlian dan perilaku yang unggul. Program ini dianggap selaras juga dengan prioritas pembangunan Pemprov Sultra yaitu peningkatan kualitas SDM.

Kemudian program ekonomi mandiri untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan ekonomi yang dilakukan secara swadaya oleh masyarakat dengan memperhatikan potensi daerah masing-masing.

“Program ini selaras dengan prioritas pembangunan Provinsi Sultra yaitu peningkatan pertumbuhan ekonomi inklusif asahan sehat,” ujarnya.

Selain itu, Harmin juga berupaya menciptakan kondisi kabupaten Konawe yang bersih, nyaman, aman dan sehat. Program ini selaras dengan prioritas pembangunan Provinsi Sultra yaitu peningkatan kualitas SDM.

Dari sisi pendidikan, ia menggagas program Konawe Cerdas yang bertujuan untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas di Kabupaten Konawe. Program ini juga selaras dengan prioritas pembangunan Provinsi Sultra yaitu peningkatan kualitas SDM.

Infrastruktur yang kuat, program infrastruktur kuat merupakan program Pemkab Konawe yang selaras dengan prioritas pembangunan Sultra yaitu optimalisasi kualitas pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan.

Dari sisi keagamaan, pihaknya menggagas Konawe religius bertujuan untuk membentuk jati diri masyarakat untuk memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan baik dan benar. Program ini selaras dengan prioritas pembangunan Provinsi Sultra yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Lingkungan Berbasis Partisipatif, program lingkungan berbasis partisipatif merupakan gerakan peduli terhadap lingkungan yang melibatkan masyarakat yang bertujuan untuk pelestarian lingkungan hidup. Program ini selaras dengan prioritas pembangunan Provinsi Sultra yaitu optimalisasi kualitas pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan.

Sedangkan untuk Konawe Go Wisata, program ini bertujuan untuk meningkatkan potensi pariwisata dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Konawe. Program ini juga selaras dengan prioritas pembangunan Provinsi Sultra yaitu peningkatan pertumbuhan ekonomi inklusif.

“Untuk itu, iklim investasi harus tercipta kondusif dengan upaya memberikan upah buruh yang kompetitif, ongkos angkut yang murah, dan harga dan sewa tanah yang murah bila dibandingkan Kabupaten lain,” ucapnya.

Menurutnya, hal-hal seperti ini mampu menaikkan daya saing Kabupaten Konawe dibandingkan Kabupaten lain. Untuk menjawab persoalan-persoalan di atas, penyusunan RKPD 2025 difokuskan pada empat isu utama.

Yakni pembangunan manusia, pertumbuhan ekonomi inklusif serta pemerataan pembangunan, pembangunan infrastruktur dasar yang berkualitas, peningkatan tata kelola pemerintahan yang berkualitas dan inovatif.

Ia berharap kolaborasi Pemprov Sultra dan Pemda Konawe dapat mewujudkan masyarakat Kabupaten Konawe sejahtera yang religius dan muaranya berkarakter.

You cannot copy content of this page