NEWS

Kepala BPVP Kendari, Polondu : Pentingnya Peningkatan Wirausaha Pada Sekolah Islam

854
×

Kepala BPVP Kendari, Polondu : Pentingnya Peningkatan Wirausaha Pada Sekolah Islam

Sebarkan artikel ini
Tampak suasana Workshop pendampingan implementasi penilaian Madrasah tahun 2022

KENDARI – Dihadapan 60 orang Kepala Sekolah dan Guru Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara, Kepala Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari Dr La Ode Haji Polondu paparkan pentingnya pengembangan kewirausahaan pada sekolah-sekolah Islam atau madrasah, guna mempersiapkan peserta didik menghadapi dunia kerja dan bonus demografi.

Hal itu diungkapkannya pada giat Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara (Kanwil Kemenag Sultra) dengan tema Workshop Pendampingan Implementasi Penilaian Madrasah Tahun 2022 yang digelar di Hotel Athaya Kendari, Jumat (18/2/2022).

Kepala BPVP Kendari (Ex. BLK Kendari) Dr La Ode Haji Polondu ditemui di kediamannya Sabtu (19/2/2022) menyebutkan, madrasah pada dasarnya merupakan lembaga pendidikan yang mengajarkan tentang agama islam dan melatih keahlian peserta didik (siswa) untuk mempersiapkan dirinya mengalami tantangan masa depan dengan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing.

Baca Juga : DPRD Konawe Selatan Dapil I Tuntaskan Reses Masa Sidang Pertama

“Merujuk pada pengertian itu, maka madrasah mesti meningkatkan pengembangan kewirausahaan bagi peserta didiknya, sehingga generasi kita benar-benar siap dalam menghadapi segala tantangan hidup,” jelasnya.

Pentingnya pengembangan kewirausahaan tersebut, lanjut dia, seirama dengan ajaran Islam yang diterapkan pada sekolah-sekolah madrasah. Ajaran Islam sangat universal, tidak hanya fokus pada hubungan dengan Allah Subhanahu Wa Ta’alaTa’ala, namun juga mengajarkan tentang hubungan sesama manusia terkait masalah-masalah sosial, ekonomi, politik, kemasyarakatan dan kepemimpinan.

“Dunia pendidikan madrasah harus dapat memerankan penanaman pendidikan yang berhubungan dengan sosial ekonomi khususnya tentang kewirausahaan. Diharapkan dari hal itu, dapat memberi manfaat dan jalan keluar untuk mewujudkan santri dengan jiwa usaha (Entrepreneurship), mandiri dan produktif dimasa mendatang,” paparnya.

Mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) menambahkan, landasan teologis yang menjadikan berwirausaha menjadi sangat penting yaitu karena kewirausahaan merupakan kemandirian yang didalam ajaran Islam menyebutkan jika amal yang paling baik adalah pekerjaan yang dilakukan dengan cucuran keringat sendiri dan tangan di atas lebih baik dari pada tangan di bawah.

Baca Juga : Kepala Bappeda Sultra, Awal 2022 Sultra Rencana Pulihkan Ekonomi Setelah Covid-19

Dalam Surah Al Qasas dijelaskan, “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan kebahagiaanmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.” Ayat ini secara tersirat memerintahkan kita untuk berbuat baik dan berusaha untuk mewujudkan kemandirian dalam memenuhi kebutuhan hidup guna meraih kebaikan dan kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat kelak,” tandasnya.

Selanjutnya, Landasan Yuridis tentang Kewirausahaan, sambung orang nomor satu di BPVP Kendari ini adalah Pancasila, UUD Tahun 1945 serta Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

“Pada landasan yuridis ini, Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan untuk membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab,” sebutnya.

Baca Juga : Anak Dibawah Umur Disetubuhi Pamanya Sendiri

Dalam rangka menciptakan wirausaha-wirausaha tersebut, masih kata dia, salah satu caranya yang dapat ditempuh yaitu dengan memberikan pendidikan kewirausahaan kepada peserta didik pada semua jenjang pendidikan.

Pasalnya, tantangan paling nyata yang dihadapi generasi muda ialah globalisasi, dimana dampaknya dapat membuka peluang kesempatan kerja sama yang seluas-luasnya antar negara, namun di sisi lain dapat pula membawa persaingan yang sangat ketat, karena masalah utama di masa kompetitif tersebut adalah semua sektor jasa akan mengandalkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM), teknologi dan manajemen.

“Peranan manusia akan berkurang karena digantikan oleh mesin dan banyak dari pekerjaan yang akan hilang dan digantikan dengan yang baru karena teknologi berubah dengan cepat. Jika kita tidak ingin tertinggal dengan kondisi ini maka kita harus cepat pula beradaptasi dan sedari dini memberikan pemahaman serta peningkatan ilmu pengetahuan dan keterampilan bagi para generasi muda atau siswa-siswi kita,” katanya.

Baca Juga : Kebut-Kebutan Bawa Mobil, Lakalantas Beruntun Kembali Terjadi

Ia juga menambahkan, bahwa ada enam hakikat pentingnya kewirausahaan. Pertama, kewirausahaan merupakan suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses dan hasil bisnis (Ahmad Sanusi, 1994), kedua kewirausahaan merupakan suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha dan mengembangkan usaha (Soeharto Prawiro, 1997).

Ketiga, kewirausahaan adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru (kreatif) dan berbeda (inovatif) yang bermanfaat dalam memberikan nilai lebih, ke empat kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (Drucker, 1959), kelima kewirausahaan adalah suatu proses penerapan kreatifitas dan keinovasian dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan usaha (Zimmerer, 1996), dan terakhir kewirausahaan adalah usaha menciptakan nilai tambah dengan jalan mengkombinasikan sumber-sumber melalui cara-cara baru dan berbeda untuk memenangkan persaingan.

“Pengembangan kewirausahaan pada madrasah dimulai dari bagaimana cara menumbuhkan minat peserta didik dengan membuat rencana pembelajaran yang sesuai dengan potensi daerah dan minat pasar sesuai dengan ilmu teknologi serta minat pasar, tujuannya agar alumni madrasah dapat lebih percaya diri dan mandiri serta dapat berdaya saing dalam menghadapi berbagai tantangan hidup dan kehidupannya baik pada saat ini maupun pada masa mendatang” tutupnya.

 

Penulis : Sardin.D

You cannot copy content of this page