NEWS

Ketua Bem Unsultra Dukung Jokowi Pindahkan IKN

542
×

Ketua Bem Unsultra Dukung Jokowi Pindahkan IKN

Sebarkan artikel ini
Suasana peserta saat mengikuti FGD di ruang Aula UnSultra

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Pada Januari 2021 lalu Ibu Kota Negara (IKN) telah resmi dipindahkan oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) di Kalimatan Timur secara bertahap.

Isu ini telah menuai pro kontra bagi sebagian kalangan masyarakat dengan nada sepakat dan tidak sepakat.

Beranjak dari hal itu, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Sulawesi Tenggara (BEM Unsultra) menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang bertema Perspektif Mahasiswa Sultra Terhadap Pemindahan IKN Nusantara Guna Mendukung Stabilitas Keamanan Nasional, bertempat di Ruang Aula Unsultra, pada Sabtu, (11/06/22).

Baca Juga : Konawe Dorong Pengembangan Populasi Sapi

Ketua BEM Unsultra, Hasir mengatakan tema tersebut diambil sebab pemindahan IKN hari ini menjadi perbincangan nasional yang terus dikupas dari berbagai kalangan.

Mulai dari asas manfaat, pertimbangan pembangunan hingga pada dampak seacara umum dari rencana pemindahan tersebut.

“Ini merupakan isu-isu nasional yang sangat bagus dibahas, sebab bila kita liat hari ini. bukan saja presiden yang Jawa sentris tapi juga lembaga-lembaga aliansi hanya menjadi bagian dari Jawa sentris,” terang Haris.

Menurutnya, dengan adanya pemindahan IKN ini bisa mendapatkan nilai-nilai nusantara yang kemudian menjadi Indonesia sentris.

Terlebih melihat kondisi wilayah Jakarta hari ini sudah sangat memprihatinkan, Di mana kepadatan penduduk serta bangunan terus mengalami kesempitan ruang yang dapat membahayakan lokasi tersebut nantinya.

Baca Juga : Revitalisasi Wajah Kota Unaaha Dimulai, Pemda Konawe Lakukan Sosialisasi

Sehingga, pemilihan pemindahan IKN ini adalah hal yang tepat untuk pemerataan pembangunan serta mencegah dampak buruk besar yang bakal dialami Ibu Kota Negara saat ini.

“Pemindahan Ibu Kota Ini saya rasa sangat tepat diambil. Karena melihat dari Jakarta hari ini secara geografis pembangunannya di sana sudah tidak tertata lagi,” jelas dia.

Selanjutnya, Hasir berharap dari pemindahan IKN ini nantinya bisa dapat memberi angin segar bagi Indonesia khususnya wilayah Kalimantan. Dengan melihat beberapa aspek seperti, dari segi sosial hingga ekonomi.

“Semoga saja dalam pembangunan ini nantinya masyarakat di sana bisa dilibatkan agar dapat menunjang dari segi ekonomi maupun sosilnya,” pungkasnya.

Reporter : Muhammad Ismail

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page