oleh

Konawe Utara Gelar STQ Akhir Februari 2021

-NEWS-129 dibaca

Reporter: Supriyadin Tungga

KONAWE UTARA – Pemerintah Kabupaten Konawe Utara bakal menggelar Seleksi Tilawatil Quran (STQ) VII pada 23-27 Februari 2021.

Kepala Kemenag Konawe Utara, Muhammad Yusuf mengatakan, sebanyak 13 kecamatan akan ikut serta dalam STQ yang rencananya akan dibuka Bupati Ruksamin di Aula Konasara, Konut.

Yusuf mengungkap, pihaknya telah menyiapkan 4 tempat untuk pelaksanaan kegiatan tersebut. Ia merinci, khusus tilawah ditempatkan di Masjid Agung Konawe Utara. Untuk hafalan satu sampai lima juz diadakan di Aula Kemenag Kabupaten Konawe Utara.

Sementara untuk hafalan 10, 20, 30 juz dan tafsir serta lomba hadits digelar di Aula Konasara Konawe Utara.

“Festival kasidah juga akan digelar di Aula Konasara Konawe Utara,” jelas Yusuf pada Rabu, 17 Februari 2021.

Adapun lomba yang digelar, yakni tilawah kategori anak-anak dan dewasa, hafalan Quran juz 1-5, 10-20, 20-30, tafsir bahasa Arab, hafalan kelompok seratus dan lima ratus hadits.

“Jadi persyaratan setiap golongan lomba tidak semua bisa masuk karena punya batasan umur, ya maksimal 41 tahun,” katanya.

Yusuf mengungkap, berdasarkan rapat pihaknya dengan Pemda Konawe Utara, panitia memprioritaskan kepada anak pesantren untuk mengikuti seleksi ini.

Untuk itu, ia berharap STQ VII ini diperoleh peserta terbaik setiap nomor lomba untuk dibimbing menghadapi perlombaan sejenis di tingkat di atasnya. (b)

Terkini