oleh

Konawe Utara Siapkan 19 Peserta ke STQH XXVI Sultra

 

 

Reporter: Supriyadin Tungga

KONAWE UTARA – Kabupaten Konawe Utara menyiapkan 19 peserta untuk tampil di Seleksi Tilawatil Quran dan Hapal Hadist (STQH) XXVI Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara yang akan digelar Kota Kendari pada 2-7 April 2021.

Kepala Kantor Agama Konawe Utara, Muhammad Yusuf mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan dari Pemerintah Kabupaten Konut terkait kepanitian pendamping yang dibentuk untuk menyiapkan para peserta mengikuti empat cabang lomba, yakni tilawah, hifzil quran, tafsir, dan hadits.

Yusuf mengungkap, para peserta yang disiapkan ini terhimpun dari berbagai daerah seperti Kendari dan Kolaka, tetapi merupakan putra-putri Konawe Utara yang sedang mengenyam pendidikan.

“Saya sudah menerima laporan dari Pemda Konut kalau kepanitiaan sudah dibentuk dan tim yang akan mengawal anak-anak,” kata Yusuf pada Rabu, 24 Maret 2021 saat ditemui di ruang kerjanya.

Ia mengaku, untuk persiapan mencapai seratus persen baik secara teknis maupun non-teknis yang dibuktikan dengan keseriusan para peserta menghadapi kegiatan STQH.

Para peserta yang disiapkan nantinya akan terbagi mengikuti lomba tilawah sebanyak 4 orang dengan 2 kategori anak dan 2 dewasa. Kemudian cabang hapalan sebanyak 10 orang mulai dari hapalan juz 1, 5,10, 20, dan 30 juz masing-masing 2 orang. Lalu cabang tafsir 2 orang. Terakhir cabang 100 hadits dan 500 hadits sebanyak 4 orang.

Yusuf mengatakan, sebelum pemberangkatan para peserta akan dikumpulkan di Kantor Kemenag Konawe Utara untuk menjalani pemeriksaan kesehatan secara intens dan akan berangkat bersama panitia padal 29 Maret, sebelum pembukaan 2 April mendatang.

“Mudah-mudahan Konawe Utara ini dalam lomba STQH bisa bersaing dan memenangkan 2 medali emas,”tandasnya. (b)

Terkini