oleh

Kualitas Rastra di Wakatobi Alami Peningkatan

-FEATURED, SULTRA, WAKATOBI-78 dibaca

WANGIWANGI – Masyarakat Kabupaten Wakatobi yang berada di Desa Waginopo Kecamatan WangiWangi tidak lagi mempersoalkan Kualitas bantuan Beras Sejahtera (Rastra), yang disalurkan melalui Bulog.

Pasalnya, menurut warga setempat Rastra kali ini lebih bagus kualitasnya dibandingkan beras yang disalurka tahun kemarin

“Kalau sekarang ini berasnya agak bagus dibandingkan dengan beras yang kami terima sebelumnya,” tutur La Ode Raji salah satu penerima Rastra, saat diwawancarai di Kantor Desa Waginopo, Kamis (5/4/2018).

BACA JUGA: Warga di Wakatobi Terima Rastra Berkutu

Hal yang sama pula diungkapkan penerima Rastra lainya, yang bernama, Satiana warga Dusun waginopo yang berprofesi sebagai petani.

“Memang beras kali ini masih mendingan, kalau kita bedakan dengan beras tahun lalu. Ini cukup tiga kali kita cuci sudah bersih. Kalau yang lalu itu sampai banyak kali baru bisa bersih,” ungkap satiana.

Sementara itu, Kepala Gudang Bulog Kabupaten Wakatobi, Hatar mengatakan, untuk perawatan Rastra, dilakukan dengan dua cara yaitu penyungkupan dan penyemprotan.

“Penyungkupan itu dilakukan minimal satu minggu dan maksimal 10 hari, sementara penyemprotan minimal satu bulan sekali,” katanya.

Lebih lanjut, Hatar menjelaskan, penyemprotan yang dimaksudkan adalah menyemprotkan anti hama pada beras, di bagian lantai dasar dan dinding gudang.

“Kalau penyemprotan itu, di bagian lantai dasar dan dinding gudang itu semua kita menjaga agar hama beras tidak tumbuh,” tutup Hatar.

Reporter: Syaiful
Editor: Kardin

Terkini