Mahasiswa Farmasi UHO Bakti Sosial di Desa Soropia

NEWS467 dibaca

KONAWE, MEDIAKENDARI.COM – Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar bakti sosial Desa Soropia, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Kamis 19 Januari 2023.

Mengangkat tema, Membangun Jiwa Peka (Produktif, Edukatif, Kooperatif, Adaptif) Wilayah Maritim, kegiatan itu diikuti 298 Mahasiswa Farmasi angkatan tahun 2021

Wakil Dekan III Fakultas Farmasi UHO Bagian Kemahasiswaan, Adrian mengatakan bakti sosial itu merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh mahasiswa Farmasi di bawah koordinasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Farmasi.

Bakti sosial ini adalah bagian dari program yang terintegrasi pengabdian kepada masyarakat dosen yang melibatkan mahasiswa. “Seperti yang kita ketahui, setiap pengabdian dosen itu harus melibatkan mahasiswa di dalamnya,” ujarnya.

Rencananya, Bakti Sosial ini bakal berlangsung selama 4 hari yang dimulai 19 sampai 22 Januari 2023 dengan berbagai macam rangkaian kegiatan diantaranya, sosialisasi pentingnya kesehatan, pengenalan apoteker cilik, pengenalan fakultas Farmasi di Sekolah Menengah Atas dan apa itu Apoteker.

Hal itu bertujuan agar masyarakat dapat hidup lebih sehat dan jauh dari penyakit dalam menjalankan aktivitas sehari hari serta dapat mengetahui Fakultas Farmasi lebih jauh dan Apoteker, sehingga masyarakat tidak awan lagi dengan hal tersebut.

Dan di hari terakhir, kata dia, ada pemeriksaan kesehatan gratis dengan memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat Desa Soropia untuk dapat mengecek maupun konsultasi terkait penyakitnya.

“Sudah kami tugaskan 6 orang apoteker yang juga menjadi dosen yang akan membimbing mahasiswa dalam melakukan pemerintah kesehatan. Jadi jangan takut dan ragu, sebab yang periksa betul-betul tenaga profesional yang memiliki surat tanda registrasi dan surat izin praktek. Jadi Insyaallah aman,” jelasnya.

Andrian berharap dengan adanya kegiatan ini mahasiswa bisa mengimplementasikan ilmu yang didapat di bangku perkuliahan selama ini untuk bisa bermanfaat bagi warga Desa Soropia serta menjadi mandiri dan memahami peran Apoteker dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Sementara itu, Camat Soropia, Masnur mengapresiasi Fakultas Farmasi yang sudah mau kembali memilih lokasi bakti sosialnya di Desa Soropia. Terlebih dengan rangkaian kegiatan yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Kegiatannya ini empat hari, padat dan full. Dan itu kegiatannya sangat berkenaan dengan masyarakat seperti pengobatan masal sosial kesehatan dan lainnya. Termaksud pengalian informasi dan kebutuhan kebutuhan masyarakat lainnya, ” ucapnya.

Ia berharap dengan adanya rangkaian kegiatan yang telah tersusun rapi dengan jumlah mahasiswa yang begitu banyak bisa berjalan semaksimal mungkin dan dapat bisa bermanfaat bagi masyarakat Desa Soropia.

Reporter : Muhammad Ismail