Masyarakat Tualang Keluhkan Truk Sawit Tanpa Jaring Pengaman

Kabupaten Siak, NEWS218 dibaca

SIAK, MEDIAKENDARI.COM – Warga dan pengguna jalan Pemda dan Jalan Baru Bakal Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Provinsi Riau mengeluhkan truk pengangkut buah sawit tanpa jaring pengaman.

Keluhan ini muncul karena dikhawatirkan buah sawit yang diangkut truk tersebut akan jatuh menimpa warga dan pengguna jalan, saat melewati dua ruas jalan yang cukup ramai tersebut.

“Beberapa mobil truk bermuatan buah kelapa sawit tampaknya tidak memikirkan keselamatan pengendara lain,” ungkap Beny, salah seorang pengendara sepeda motor yang tinggal dijalan baru Perawang, Selasa (10/01/2023).

Beny juga mengungkapkan, warga dan pengguna jalan harus waspada akan bahaya kejatuhan buah sawit saat melintas di dua ruas jalan tersebut, akibat keengganan sopir truk memasang jaring pengaman.

“Kita harus selalu waspada saat melintasi jalan raya tersebut,baik dalam keadaan searah maupun berlawanan arah. Karena kita tidak tau kondisi muatan buah kelapa sawit itu bisa terjatuh tiba-tiba,karena tanpa adanya pengaman,” tambanya.

Dari pantauan di lapangan, sejumlah truk pengangkut sawit kerap melintasi kedua ruas jalan tersebut sekitar pukul 09.00 WIB. Belum diketahui mobil pengangkut itu berasal dari individu atau perusahaan mana.

Atas kondisi bahaya di kedua ruas jalan tersebut, warga mendesak keseriusan Dinas Perhubungan (Dishub) Pemda Siak dan dinas terkait, untuk memberikan sanksi.

“Truk bermuatan tandan buah segar sawit (TBS) yang tidak mengunakan jaring pengaman dan tidak peduli keselamatan pengendara harus disanksi,” pungkas Beny.

Reporter: Galih Permana Putra