Iklan PDI-P

Gubernur dan Wakil Gubernur saat berkunjung di stand ekspo konawe di terima langsun kepala Dinas perizinan terpadu dan penanaman modal kab konawe, Ir Burhan

HUT Sultra ke-55, Pemda Konawe Pamerkan Kerajinan Tangan Lokal

Reporter : Rahmat R.

Iklan PT Luwu

Editor : Kang Upi

KENDARI – Pemerintah Kabupaten Konawe memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Sulawesi Tenggara (Sultra) ke-55, dengan menampilkan beragam hasil kerajinan tangan lokal di stand pameran Sultra Ekspo.

Pengurus Dekranasda Konawe Yusniati mengatakan, kerajinan yang ditampilkan di stand Dekranasda Konawe diantaranya Tembikar dan Tikar Sorune, yang biasanya digunakan pada peletakan adat perkawinan, mosehe dan acara adat lainnya.

“Tikar ini terbuat anggrek hutan dan hanya ada Konanwe,” katanya saat ditemui di stand Dekranasda Konawe di Sultra Ekspo, Selasa (23/04/2019).

Tidak hanya itu, turut dipamerkan juga kerajinan yang terbuat dari kerang yang merupakan kerajinan khas yang dibuat warga Lalonggasu Meeto dan Soropia, serta ada kerajinan Rotan dan tenunan khas Konawe.

“Ada juga makanan khas dari Madula Toma, Kripik Ikan Bou dan Kripik Pokea serta kerajinan tempurung kelapa,” tambahnya.

Baca Juga :

Semantara itu, di stand utama Pemda Konawe ditampilkan maket kompleks mega Industri Virtue Dragon Nickel Industri (VDNI), yang berada di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe.

Ketua Panitia Ekspo Konawe Syahrullah Saranani menyebut, saat kunjungan ke stand tersebut, Gubernur Sultra Ali Mazi mengaku bangga dengan stand milik Konawe.

“Sempat dikunjungi Gubernur Sultra. Beliau mengaku senang sekali dan tidak bisa berkata-kata,” ungkapnya.

Selain itu, Pemda Konawe juga pamerkan Beras Cintasana, yang merupakan program unggulan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa untuk satu juta ton beras Konawe.

“Kami tampilkan beras lokal di sini. Ini program utama Konawe,” tukasnya. (A)


Iklan Lapas konawe

Iklan Damri
error: Content is protected !!