NEWS

Miris, SD Negeri 1 Petetea’a hanya Punya Dua Orang Murid

936
×

Miris, SD Negeri 1 Petetea’a hanya Punya Dua Orang Murid

Sebarkan artikel ini
Tampak siswa sekolah SDN 1 Patetea'a, Mariam dan Salwadin

BUTON UTARA – Hampir tidak dibisa dipercaya jika SD Negeri 1 Petetea,a hanya memiliki dua orang murid. Sekolah milik pemerintah itu berada di Kecamatan Kulisusu, kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Sekolah yang berada di wilayah pesisir itu memiliki satu siswi perempuan bernama Mariam dan satu siswa laki-laki yang bernama Salwadin. Sedangkan SDN 1 Petetea’a sendiri memiliki tiga orang tenaga pendidik.

Salah seorang Guru SDN 1 Petetea’a, Arfan mengatakan SD Petetea,a terdiri dari enam kelas dan memiliki dua siswa yang saat ini sedang duduk di kelas dua

Baca Juga : Pemkot Kendari Gelar MTQ Ke XXIX Tingkat Kota Kendari

“Kita punya siswa sangat sedikit atau sangat kurang, karena disini kita punya enam kelas tapi yang terisi hanya satu kelas yaitu kelas 2 dengan jumlah murid cuma dua orang,” ujarnya, Jumat 28 Januari 2021

Kondisi tersebut makin diperpara kurangnya dukungan dan suport dari kedua orang tua murid, sehingga guru kadang kala harus datang ke rumah siswa untuk menjemput secara langsung.

Berdasarkan pengalaman Arfan, selama mengajar di SDN 1 Petetea’a sebagai guru agama kualitas kedua anak itu memiliki kecerdasan yang standar.

Baca Juga : Oknum Lurah di Baubau Diduga Lakukan Pungli Pengurusan Sertifikat Tanah Warga

Beberap faktor yang membuat hal itu terjadi pertama murid tidak aktif belajar di rumah, kedua lebih memilih bermain di laut serta kurangnya mendapat suport dari orang tua.

“Hari-hari mereka itu di laut, kemudian kebanyakan juga bermain ketimbang belajar, karena kalau disini itu kalau mau di bilang orang tua kurang memperhatikan anaknya,” jelasnya

Arfan berharap nantinya kedua murid bisa terus melanjutkan pendidikan hingga kejenjang paling tinggi sampai menjadi orang yang sukses dan dapat bermanfaat bagi kampung halamannya maupun negara. Selain itu, dirinya juga berharap kedepan SD Petetea,a memiliki banyak murid.

 

Penulis : Muhammad Ismail

You cannot copy content of this page