NEWS

Paguyuban Masyarakat Yogyakarta di Kendari Terima Hibah Gamelan Perunggu

4009
×

Paguyuban Masyarakat Yogyakarta di Kendari Terima Hibah Gamelan Perunggu

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM- Paguyuban masyarakat Yogyakarta di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menerima hibah satu set gamelan perunggu pelok sendro dari kundho kabudayan D.I Yogyakarta di salah satu hotel di Kota Kendari pada Sabtu, (05/11/22).

Gamelan ini diserahkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) D.I Yogyakarta Raden Kadarmanta Baskara Aji. Dia mengatakan gamelan merupakan salah satu diplomasi budaya antara masyarakat Sulawesi Tenggara dengan masyarakat Jawa khususnya Yogyakarta yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Supaya bisa dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi sekaligus mengembangkan kreativitas pemain gamelan di Sultra,” ungkapnya.

Sementara itu, Pj Sekda Sultra, Asrun Lio mengatakan pemberian hibah gamelan ini merupakan salah satu bukti bahwa masyarakat D.I Yogyakarta di Kota Kendari benar-benar memelihara kebudayaannya pasalnya gamelan merusak salah satu warisan budayatabenda.

“Warisan kebudayaan tabenda sudah diakui UNESCO dan tetap terjaga disini. Disini tetap terjaga dan menjadi kewajiban kita pemerintah provinsi dalam rangka kemajuan kebudayaan Nusantara yang ada di Sultra tetap terjaga,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengharapkan dengan pemberian hibah gamelan ini dapat meningkatkan semangat melestarikan sekaligus menjaga seni dan budaya Indonesia sebagai warisan yang sangat berharga yang menguatkan hati diri serta indentitas Indonesia.

Reporter: Dila Aidzin

You cannot copy content of this page