oleh

PDIP Baubau Maksimalkan Peran Milenial Dalam Berpolitik

-NEWS-100 dibaca

Penulis : Ardilan

Redaksi

BAUBAU – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) berencana memaksimalkan peran kelompok pemuda-pemudi atau kaum yang santer disebut milenial.

Rencana tersebut berupaya diwujudkan melalui kegiatan pendidikan politik milenial pemilihan umum (Pemilu) 2024 nanti, Sabtu 14 Agustus 2021.

“Statistik partai PDIP melihat angka milenial untuk pemilih pemula sangat besar. Di Pemilu 2019 saja itu kisarannya 35 sampai 40 persen. Tahun 2024 bisa meningkat sampai 50 hingga 60 persen,” ucap Ketua PDIP Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse dikonfirmasi usai kegiatan.

Wakil Wali Kota Baubau ini mengungkapkan sejak awal pihaknya memandang milenial bukan obyek politik tetapi subyek politik juga. Atas dasar itu, PDIP ingin melibatkan kaum milenial berpartisipasi dalam memberikan gagasan berpolitik. Tidak hanya menjadi target sasaran suara.

“Indonesia mulai tahun 2020-2030 akan mendapat bonus demografi yang berarti penduduk usia 15-64 tahun mencapai angka 75% penduduk. Dari jumlah itu, usia 30 tahun kebawah itu kisarannya hampir setengah dari 75% tersebut. Kami berharap kaum milenial ini bukan saja terlibat di momentum politik akan tetapi dilibatkan dalam merumuskan arah kebijakan ekonomi, sosial dan lainnya,” ungkapnya.

Ia mengaku saat ini PDIP Baubau menempatkan kader milenialnya sesuai porsi milenial di Kota Baubau yang mencapai angka 60%.

“Harapan kami milenial berperan dalam semua aspek seperti UMKM dan petani milenial. PDIP tidak akan konflik. Porsi senior, milenial dan perempuan sudah ada masing-masing bagiannya. Tinggal berkompetisi yang sehat. Jadi kalau sampai berkonflik pasti tidak. Masing-masing akan bekerja pada segmennya. PDIP akan memproses tahapan nanti dengan porsi yang tepat,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan pendidikan politik milenial, Rais Jaya Rachman menambahkan dirinya berharap pasca kegiatan ini PDIP menindaklanjuti dengan beberapa kegiatan lainnya dengan cara memanfaatkan peran milenial melalui digitalisasi.

“Tahap berikutnya kita akan bicara pada basis arah segmen sebenarnya mereka itu dimana sesuai yang dijelaskan pak ketua partai tadi. Pesertanya dari perwakilan milenial seluruh Kecamatan di Kota Baubau yang dikoordinir oleh PAC partai,” pungkas Wakil Ketua Bidang Kehormatan DPC PDIP Kota Baubau itu.

Terkini