oleh

Pemda Bakal Bangun Empat Pasar di Konkep, Ini Daftarnya

LANGARA – Dinas Perindustrian, Perdagangan Usaha Kecil Menengah dan Koperasi, (Perindagkop) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Sulawesi Tenggara (Sultra) patut diapresiasi. Pasalnya upaya yang di lakukan dalam meningkatkan pembangunan di sektor Ekonomi terus digenjot melalui penyediaan sarana prasarana.

Pasar Kabupaten sekaligus Pasar Perdana yang di bangun oleh Pemerintah Daerah (Pemda) menelan anggaran sebesar Rp 5,9 miliar bersumber dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) yang terletak di Desa Mata Langara Kecamatan Wawonii Barat bakal diresmikan Februari 2018 mendatang.

Saat ditemui di ruanganya, Kepala Dinas Perindagkop Konkep, James Adam Mokke mengukapkan, segala persiapan telah dilakukan, bahkan pihaknya sudah bersurat ke Dirjen Perdagangan Pusat.

“Sebab nanti dalam peresmian akan langsung diresmikan oleh pihak Dirjen Perdagangan,” ucapnya, pada Rabu (17/1/2018).

Selain itu, mantan Asisten I Konkep ini mengakui, masih ada beberapa item bangunan yang belum selesai dikarenakan anggaranya tidak mencukupi seperti pengecetan serta pengadaan sumur bor.

“Terkait pengecetan dan pengadaan sumur bor, kami sudah laporkan ke Dirjen Perdagangan dan sudah di sampaikan kepada Pak Bupati. Nanti akan dituntaskan di Triwulan pertama melalui anggaran APBD,” jelasnya.

Pasar Kabupaten ini diprioritaskan untuk warga Langara dan umumnya Konkep, adapun fasilitas yang disediakan ada 32 lausmen, dan 74 meja lausmen. Pihaknya, telah mulai melakukan pendataan pada warga yang pernah berdagang di TPI dan warga yang menjual di Pasar Tradisional Ampera.

“Untuk tarif atau sewa lausmen belum kami tetapkan, karena semua itu akan di musyawarahkan bersama Pemda dan Pedagang. Tentunya dengan mempertimbangkan barang yang dijualnya. Misalnya sewa penjual ikan tidak akan disamakan dengan pedagang pakaian yang pasti semua akan dirasionalisasi,” tegasnya.

Lanjut, James Adam Mokke tahun ini juga akan dibangun Pasar Kecamatan sebanyak empat unit. Lokasi pertama Munse Kecamatan Wawonii Timur kemudian Noko, Timur Laut juga Roko-Roko, Wawonii Tenggara dan Sawaeya, Wawonii Selatan.

“Insya Allah tahun ini akan dibangun anggaranya sudah ada di DPA tahun 2018 adapun sumber anggaranya DAK,” pungkasnya.

Reporter: Ajad Sudrajad
Editor: Kardin

Terkini