KALEIDOSHKOP

Pemda Bombana Siapkan LKPD untuk Pemerikasaan BPK Tahap Dua

438
×

Pemda Bombana Siapkan LKPD untuk Pemerikasaan BPK Tahap Dua

Sebarkan artikel ini
Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan BKD Bombana, Muh Ikbar, SE, ME. (Foto: Hasrun/Mediakendari.com)

Reporter : Hasrun

Editor : Taya

KASIPUTE – Setelah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sultra melakukan audit pertama pada Oraganisasi Perangakat Daerah (OPD) beberapa waktu lalu. Kini Badan Keuangan Daerah (BKD) Bombana tengah menyiapkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) sebagai pemeriksaan tahap kedua.

Kepala Bidang Akutansi dan Pelaporan BKD Bombana, Muhammad Ikbar menuturkan, pihaknya telah mengumpulkan seluruh dokumen serta laporan keuangan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Bombana.

“Untuk saat ini, semua dokumen yang dibutuhkan sudah masuk, tinggal kita akuntansikan untuk laporan keuangan Pemda,”ujarnya.

Kata Ikbar, terkait data Laporan Keuangan Daerah itu, pihaknya akan mempercepat proses pelaporannya ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sultra.

“Minimal sebelum tanggal 15 Maret 2019 kita sudah sampaikan,”katanya.

Meski demikian, lanjut Ikbar, sebelum LKPD diserahkan ke BPK Sultra, terlebih dahulu akan direview oleh Inspektorat Kabupaten Bombana. “Jadi 10 maret, sudah harus tuntas,”ucapnya.

Menurutnya, dengan pembuatan laporan yang dilakukan dengan mandiri, tanpa melibatkan pihak pendamping seperti tahun – tahun sebelumnya, ia meyakini akan mendapatkan Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di tahun 2019.

“Semakin lama, semakin kita mengetahui proses pembuatan LKPD, kalau dulu kita banyak dibantu dari pihak pendamping. Kemudian tahun berikutnya kita kurangi dan sekarang kita mandiri dan optimis mendaptkan WTP,”pungkasnya. (b)

You cannot copy content of this page