Pemda Kolut Bakal Tuntaskan Penyaluran Tiga Juta Bibit Kakao di Tahun 2018

LASUSUA –  Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Program Revitalisasi Kakao, di akhir tahun 2018, bakal tuntaskan penyaluran tiga juta bibit Kakao siap tanam berserta pupuk  kepada petani yang tersebar di 15 kecamatan.

Dalam program Revitalisasi Kakao tahun  2018 itu, sekitar 3.200 hektar dari dana APBD dan 1.500 hektar dari dana APBN, akan segera di revitalisasi, Pemda Kolut beserta istansi terkait mengunjungi pembibitan Kakao di desa Awo Kecamatan Kodeoha dengan luas kurang lebih 2 hektar, dengan daya tampung bibit kakao sekitar 500 ribu pohon.

Bibit Kakao di Desa Awo, (Foto : Bahar Mediakendari.com).

Pembibitan Kakao di Kolut tersebar dalam beberapa kecamatan yaitu, di Desa Totallang Kecamatan Lasusua, dengan target 1 juta pohon bibit Kakao, Desa Awo Kecamatan Kodeoha dengan target 1 juta pohon Kakao, dan desa Powalaa Kecamatan Pakue Tengah dengan target 1 juta pohon bibit Kakao.

Bupati Kolaka Utara, Drs H, Nur Rahman Umar, MH  melalui Syamsul Rijal yang juga Kadis Pertanian  mengatakan dalam kunjungan itu, titik pembibitan di Desa Awo  adalah untuk melihat langsung bibit yang akan  di bagikan kepada masyarakat petani Kakao di akhir tahun 2018 pada bulan November dan Desember.

“Kita perkirakan di akhir tahun ini  bibit Kakao kita bisa bagikan kepada petani beserta pupuk,   karena di bulan 8 mendatang bibit Kakao ini diadakan penyabungan bibit, dengan intris berkualitas dalam jangka 3 bulan, bibit Kakao ini siap di salurkan ke warga petani yang tersebar di 133 desa dan lurah di kolut,” bebernya kepada Mediakendari.com, Selasa (3 Juli 2018).

Menurut Samsul, keberhasilan program  Revitalisasi Kakao berkelanjutan itu akan dilihat dan dirasakan dua tahun kedepan, untuk tahun ini belum bisa di ukur, hanya bisa dibagi dan ditanam oleh petani.

“Kalau di tahun ini telah dibagikan bibit Kakao kepada petani untuk ditanam, itu artinya keberhasilan program  berkelanjutan, apalagi ada  3 profesor yang akan mendampingi petani, tentang tata cara menanam kakao yang benar,” jelasnya.

Selain Bupati Kolut, turut hadir dalam peninjaun lokasi pembibitan 1 juta pohon di Desa Awo, Wakil Bupati Kolut, H Abbas, Kadis Pertanian dan Hortikultura, Syamsul Rijal dan Kadis BPMPD, Taufiq Burhan.


Reporter : Bahar
Editor : Hendriansyah
Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total