oleh

Pemda Konut Bakal Kirim 10 Putra Daerah Untuk Kuliah Kedokteran di China

Reporter : Mumun

Editor : Kang Upi

WANGGUDU – Pemerintah Kabupaten Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), menggelar seleksi penerimaan mahasiswa kedokteran yang akan belajar di Negara China.

Seleksi yang dibuka langsung Bupati Konut Ruksamin ini digelar di salah satu hotel di Wanggudu, Selasa (21/5/2019) pagi.

Dalam sambutannya, Ruksamin mengatakan, pihaknya tidak akan mengintervensi pelaksanaan seleksi, karena dirinya ingin 10 orang terbaik yang lulus nanti, yang berangkat ke Negeri tirai bambu.

“Saya tidak akan melakukan intervensi, karena saya ingin yang terbaik. Sebelum berangkat buatkan saya surat pernyataan tidak akan pindah kalau sudah selesai, pulang dari sana langsung kita tempatkan ke Puskesmas,” kata Ruksamin.

Ditempat yang sama, Kepala Dikbud Konut Lapeha mengatakan, pada tahap seleksi di tingkat SMA, terdapat 63 peserta yang dinyatakan lulus. Namun, yang hadir hari mengikuti seleksi hanya 47 peserta.

Lapeha juga menjelaskan, tim seleksi berasal dari universitas terkemuka, yang ditunjuk sebagai tim penilai akademik dari peserta yang mengikuti tes, yang hasilnya nanti akan memunculkan 10 nama terbaik yang siap di kirim ke China.

“Dari 47 yang tes hari ini, akan diambil 10 orang dan itu akan dibiayai oleh Pemda Konut. Anggaran yang kita siapkan sebesar Rp1,3 M. Bulan Juli 10 orang ini sudah di Makassar belajar bahasa Mandarin, bulan September 2019 mereka diterbangkan ke China untuk mulai belajar,” kata Lapeha. (A)

Terkini