MUNA BARAT

Pemdes Waukuni Lakukan Pencegahan Dini Corona Secara Terintegrasi

363
×

Pemdes Waukuni Lakukan Pencegahan Dini Corona Secara Terintegrasi

Sebarkan artikel ini
Kades Waukuni, Ali Sabar (kiri) saat di posko di perbatasan Desa Waukuni Kecamatan Sawerigadi dan Desa Waturempe Kecamatan Tikep, Rabu, 22 April 2020. (Foto: Jul Awal/Mediakendai.com).

Reporter : Jul Awal/Editor: Indi La’awu

LAWORO– Menindaklanjuti perintah Bupati Muna Barat, Laode M Rajiun Tumada tentang pencegahan dini terintegrasi dan penanganan Corona Virus Disease 2019 (covid-19), Pemerintah Desa Waukuni mendirikan posko relawan tanggap pandemi covid-19 di perbatasan Desa Waukuni Kecamatan Sawerigadi.

Sebelumnya, untuk mencegah corona, Pemdes Waukuni juga telah membagikan masker kepada masyarakatnya. Selain itu, dilakukan penyemprotan disinfektan setiap hari senin dan kamis.

Kepala Desa Waukuni, Ali Sabar saat ditemui di posko relawan Rabu 22 april 2020 mengatakan, menjelang ramadan pergerakan orang yang masuk wilayah Mubar khususnya di desanya dipastikan meningkat.

Olehnya, pihaknya menurunkan tim satgas dan relawan untuk melakukan penjagaan perbatasan.

“Penjagaan posko 1×24 jam, itu sesuai perintah untuk mengawasi dan memeriksa setiap yang masuk di sini,” tutur Ali kepada Mediakendari.com.

Dikatakannya, tim satgas dan relawan akan memeriksa suhu tubuh menggunakan alat thermo gun, penyemprotan disinfektan terhadap kendaraan, dan pemeriksaan identitas.

“Itu akan dilakukan mulai besok (kamis, red), jadi bagi yang akan masuk harap siap diperiksa, ” tegasnya.

Ali mengaku, tim yang dibentuknya akan bekerja maksimal sesuai perintah.

“Mereka akan disediakan konsumsi dan nanti kalau puasa, sahur dan buka disitu. Nanti sistem penjagaan dalam bentuk shift. Semua sudah dianggarkan dalam APBdes,” singkatnya.

Terkait warganya yang pulang dari perantauan, Ali mengatakan saat ini yang pulang ada dua orang.

“Satu dari Maluku dan satunya lagi dari Kendari. Semua sehat. Mereka diisolasi mandiri di kamar di rumah masing-masing dan kami pantau juga serta diperiksa rutin pihak Puskesmas Kampobalano,” tutupnya.

You cannot copy content of this page