oleh

Pemkab Konawe Distribusikan Bantuan PT VDNI Untuk Korban Banjir di Waworaha

-NEWS-110 dibaca

Reporter : Hasmar Tombili / Editor: Kang Upi

UNAAHA –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe distribusikan bantuan beras dari PT Virtue Dragon Nikel Indonesia (VDNI) untuk korban banjir di Desa Waworaha Kecamatan Lambuya.

Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara saat memimpin langsung distribusi bantuan mengatakan, bantuan beras disalurkan untuk 74 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir.

“Untuk jangka pendek kita berikan kebutuhan pokok jenis beras kepada  74 KK yang terdampak banjir,”katanya saat ditemui di lokasi banjir Rabu 24 Juni 2020.

Dijelaskannya juga, selain bantuan beras Pemkab Konawe juga telah menyiapkan tenaga kesehatan dari Puskesmas Lambuya untuk menangani warga yang sakit akibat banjir.

“Utamanya, bagi warga yang terkena Ispa dan gangguan pencernaan, tenaga kesehatan  untuk siap siaga mengurus  warga,” ujar Gusli.

Selain rumah warga, kata Gusli, banjir di Desa Waworaha juga berdampak pada tergenangnya 600 hektare (Ha) lahan pertanian dan perkebunan, seperti kakao 400 Ha, dan tanaman holtikultura 200 Ha.

“Kurang lebih 600 Ha, kakao dan tanaman holtikultura, salah satunya tanaman jagung siap panen, akhirnya  gagal, ini yang sangat memprihatinkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Waworaha, Karman menjelaskan, meski dilanda banjir namun warganya masih berdiam diri di rumah masing masing.

“Warga terdampak sebanyak 147 KK dengan jumlah jiwa 488. Lanjut usia sebanyak 20 orang dan anak usia balita 50 orang,” kata Karman.

Terkini