NEWS

Pemkab Konawe Selatan Upayakan Sistem Perencanaan 2023 Tertata Rapi 

547
×

Pemkab Konawe Selatan Upayakan Sistem Perencanaan 2023 Tertata Rapi 

Sebarkan artikel ini

ANDOOLO – Untuk memastikan sistem perencanaan anggaran tahun 2023 benar-benar tertata dengan rapi mulai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sampai kecamatan Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) melaksanakan rapat bersama Forum OPD Tahun 2022.

Kegiatan tahunan itu dalam upaya peningkatan infrastruktur Sumber Daya Manusia (SDM) yang berdaya saing dalam mendukung pemulihan ekonomi dan kesehatan, digelar di Aula Kantor Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Konsel Rabu, 16 Maret 2022.

Sekda Konsel, Sjarif Sajang menjelaskan tujuan dilaksanakan rapat Forum OPD untuk memastikan sistem perencanaan anggaran benar-benar tertata dengan rapi mulai dari OPD sampai kecamatan. Sebab, realisasi anggaran pembangunan daerah mulai dari OPD, kecamatan dan desa.

Disamping itu, kata Sjarif forum ini mengakomodir hasil reses yang telah diplenokan di DPRD Konsel dan masing-masing OPD. Seperti infrastruktur, pemerintahan dan SDM.

Baca Juga : Demokrat dan PDIP Sultra Tolak Penundaan Pemilu 2024 

“Sehingga Bappeda harus mengawal dengan sesuai rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) kita. Acuannya, rencana strategis dinas dan tidak boleh keluar dari RPJMD dan visi misi kepala daerah,” kata Sjarif.

Sjarif menuturkan dalam penyusunan hasil forum tersebut akan dibahas ke tingkat musyawarah perencanaan pembangunan daerah (musrembang) tingkat kabupaten. Sehingga OPD dan camat harus melihat koherensi usulan masyarakat sesuai bidangnya.

“Forum ini harus terdokumentasi dengan baik karena muaranya kan ada musrembang kabupaten. Siklusnya mulai dari Musrembang kecamatan, reses, didudukan melalui musrembang kabupaten dan di masukan dalam aplikasi keuangan dan anggaran sehingga menjadi dokumen bagian R-APBD tahun 2023 kedepan,” katanya.

Kesimpulannya, tambah Sjarif, forum OPD untuk mensinergikan usulan prioritas baik hasil reses dewan begitupula penjabaran visi misi kepala daerah. “Sehingga menghasilkan capaian kinerja pemerintah daerah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Sjarif.

 

Penulis : Erlin

You cannot copy content of this page