Pemkot Kendari Harap Inflasi Dapat Ditekan Saat Nataru

NEWS614 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Tindaklanjuti arahan pemerintah pusat untuk mengendalikan inflasi di Kota Kendari setiap bulannya, utamanya menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari gelar pertemuan bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Kendari di ruang rapat Wali Kota Kendari, pada Kamis (1/12/2022).

Dalam rapat tersebut, Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu mengharapkan inflasi Kota Kendari bisa dikendalikan dengan data yang telah diterima dengan cara mengambil kebijakan melalui data yang diterima.

“Kita meminta semua anggota TPID menjalankan tugasnya dengan baik, untuk menjaga agar inflasi di Kota Kendari tetap terkendali,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris TPID Kota Kendari, Susanti menjelaskan ada sejumlah kebijakan yang diputuskan dalam rapat TPID diantaranya, Dinas Perhubungan akan bersurat ke maskapai penerbangan agar bisa mengendalikan harga tiket pesawat, karena kenaikan tiket ini bisa berdampak terhadap inflasi.

Termasuk imbauan pada sopir angkutan kota (angkot) ungkap menggunakan tarif berdasarkan keputusan yang telah dibuat pemerintah.

Asisten II Kota Kendari ini juga mengatakan Pemerintah Kota Kendari telah melakukan pasar murah di seluruh kecamatan hingga ke kelurahan.

“TPID berupaya menekankan terjadinya inflasi salah satunya dengan menggelar operasi pasar dan sidak ke pasar utamanya jelang Nataru ini,” katanya.

Dinas perdagangan juga diminta untuk berkoordinasi dengan distributor atau penyalur gas elpiji, khususnya ukuran 3 kg untuk menjaga pasokan dan mengendalikan harga agar tidak terjadi kenaikan saat diterima masyarakat.

Reporter: Dila Aidzin