NEWS

Pemkot Kendari Terima Bantuan DSP Dari BNPB RI

538
×

Pemkot Kendari Terima Bantuan DSP Dari BNPB RI

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM- Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menerima bantuan Dana Siap Pakai (DSP) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI di Ruang Pola Balai Kota Kendari pada Senin, (20/03/23).

Bantuan yang diserahkan tersebut sebesar Rp250 juta dan merupakan dukungan operasional penanganan darurat bencana hidrometeorologi kota Kendari yang sebelumnya terjadi pada 5 Maret 2023.

Deputi III Bidang Penanganan Darurat BNPB, Fajar Setyawan mengatakan bantuan ini tidak serta merta dikeluarkan pasalnya harus melewati beberapa prosedur. Pertama harus benar benar terjadi bencana alam yang sudah menyebabkan korban baik korban jiwa maupun non jiwa.

“Pak Pj juga sudah mengeluarkan surat keputusan tanggap darurat yang menjadi dasar bagaimana DSP bisa kami keluarkan,” katanya.

Dia melanjutkan DSP ini digunakan untuk keperluan pos komando penanganan darurat diantaranya keperluan bencana cepat.

“Ini bukan untuk honor petugas dilapangan. Bagian masyarakat nanti adalah bantuan kepada rumah yang dinyatakan rusak berat, sedang dan ringan,” bebernya.

“Walau itu butuh waktu dan verifikasi. Memang agak lama namun pak Pj sudah mengajukan dan nanti kita akan godok dan juga nanti akan kita keluarkan tim verifikasi dari Jakarta ke Kendari,” tutupnya.

Sementara itu Penjabat Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan penggunaan dana ini akan digunakan untuk operasional siap pakai.

“Rumah warga ada mekanismenya yakni diajukan melalui dana rehab rekon dan sudah kita sampaikan BNPB RI,” jelasnya.

Selain itu juga pihaknya akan melakukan uji publik apakah rumah warga masuk dalam kerusakan rumah berat, sedang, dan ringan.

Reporter: Dila Aidzin

You cannot copy content of this page