oleh

Pemprov Sultra Wacanakan Pengadaan Kapal Pesiar Fasilitas Bintang 5

Reporter: Muh Ali Wahab
Editor: La Ode Adnan Irham

KENDARI – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mewacanakan pengadaan kapal wisata sejenis Kapal Cruise atau Kapal Pesiar. Tujuannya dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Sultra.

Kepala Dinas Pariwisata Sultra, Panca mengungkapkan, rencana itu nantinya akan mengajak swasta dan stakeholder kerjasama. Nantinya Teluk Kendari bakal jadi persinggahan utama.

Saat ini Pemprov Sultra masih dalam proses merampungkan dan mengidentifikasi wilayah-wilayah mana saja di Sultra yang memiliki wisata bahari dan biota laut yang kaya.

“Maka untuk menarik wisatawan mancanegara diperlukan fasilitas dan pelayanan istimewa yang utama yakni, kapal wisata atau kapal cruise,” katanya saat diwawancarai ketika mengunjungi Kapal Pesiar Lob White Manta, Jumat (1/11/2019).

BACA JUGA:

Di tempat yang sama Direktur Utama Perusahaan Kapal Lob White Manta, H Sularso menegaskan, kapal yang kini berlabuh di Teluk Kendari masih tahap uji coba proses labuh yang didatangkan dari Malaysia dan baru tiba sekitar pukul 03.00 WITA dinihari (1/1/2019).

“Kapal Lob White Manta sendiri dapat beroperasi jika hasil identifikasi tempat wisata bahari dari pemprov dapat dirampungkan dan dilaporkan,” ujarnya.

Ia menambahkan, kapal Lob White Manta memiliki beberapa fasilitas layaknya hotel bintang 5, utamanya ruang makan dapur dan ruang kamar tidur. Selain itu, kapal juga berteknologi mesin ramah lingkungan untuk ekologi laut yang saat ini sudah beroperasi di wilayah timur Indonesia yakni, Raja ampat, Pulau Komodo, dan Bali.

“Untuk biaya tarif kapal, bisa dicek di website kami yakni whitemanta.com,” tutupnya. (B)

Terkini