oleh

Perahu Terbalik Dihantam Ombak, Empat Pemancing di Kolaka Dievakuasi Tim SAR

Reporter: Kang Upi

KENDARI – Empat pemancing ikan di Perairan Kolaka dievakuasi tim Basarnas dari Pos SAR Kolaka, Selasa 9 Maret 2021 sekitar pukul 00.05 WITA dinihari, setelah perahu yang ditumpanginya terbalik.

Kepala Basarnas Kendari, Aris Sofingi menuturkan, laporan hilangnya empat pemancing tersebut diterima comm centre Basarnas Kendari pada Senin 8 Maret 2021, pada pukul 23.03 WITA.

“Laporan diterima dari Bapak Hasbi, salah seorang keluarga korban yang melaporkan bahwa pada pukul 21.43 WITA, longboat yang ditumpangi empat pemancing terbalik akibat cuaca buruk disekitar perairan Kolaka,” kata Aris Sofingi.

Berdasarkan laporan itu, kata Aris, pukul 23.20 WITA, tim rescue dari Pos SAR Kolaka diberangkatkan menuju lokasi kejadian kecelakaan (LKK), dengan perkiraan jarak LKK sekitar 4,3 NM.

“Tim rescue dari Pos SAR Kolaka diberangkatkan menuju LKK, menggunakan rescue truck membawa satu unit rubber boat beserta peralatan pendukung keselamatan lainnya untuk memberikan bantuan SAR,” terang Aris.

Setelah dilakukan pencarian dengan melibatkan sejumlah unsur dari Rescuer Pos SAR, Polair, Polisi KP3, Syahbandar KUPP, dan UKM SAR USN, pada pukul 00.05 WITA keempat korban ditemukan.

Untuk data korban yang ditemukan Ifan (38), Iksan (29), Angga (35), Sargius (40). Keempatnya diketahui selamat setelah bertahan dengan menduduki badan perahu yang terbalik.

“Keempat korban ditemukan dalam keadaan selamat kurang lebih 1,57 NM arah timur laut dari LKK, selanjutnya dievakuasi menuju Pelabuhan Kolaka dan tiba pada pukul 12.20 WITA,” pungkasnya. /B

Terkini