oleh

Pilwali Baubau 2024 Penting, Pemkot Mulai Anggarkan di APBD 2023

-NEWS-200 dibaca

BAUBAU, MEDIAKENDARI.COM – Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Baubau baru akan digelar pada tahun 2024 nanti. Namun, rupanya pemerintah kota (Pemkot) Baubau bakal mulai memasukan anggarannya ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023 mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau, Roni Muhtar mengungkapkan anggaran Pilwali merupakan prioritas penting sehingga pihaknya wajib memasukannya dalam pagu anggaran.

Meski begitu, Roni mengaku untuk besarannya, pihaknya masih melakukan perhitungan menyesuaikan kemampuan keuangan daerah.

“Beberapa lembaga terkait dengan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang sudah mengajukan besaran anggaran misalnya KPU (Komisi Pemilihan Umum). Tapi kan masih ada proses tahapan-tahapan evaluasi dan sebagainya. Itu yang sementara kita hitung,” kata Roni Muhtar dalam keterangannya ditulis Jum’at, 11 November 2022.

Roni mengatakan besarannya anggaran Pilwali 2024 akan ketahuan jumlahnya setelah APBD 2023 disahkan. Saat ini, APBD 2023 masih dalam tahap bentuk rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS). “Nanti setelah ketuk palu,” ujarnya.

Penulis : Ardilan