NEWS

Pj Bupati Bombana ke Amerika untuk Tugas Pemerintahan

803
×

Pj Bupati Bombana ke Amerika untuk Tugas Pemerintahan

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Pj Bupati Bombana, Burhanuddin melalui Tenaga Ahli Bidang Hukum Bupati, Munsyir angkat bicara terkait tudingan Bupati melakukan pelesiran ke Amerika Serikat (AS) yang beberapa hari terakhir telah tersebar diberbagai media sosial.

Munsyir mengatakan kunjungan Burhanuddin ke AS tersebut bukanlah pelesiran ataupun melakukan liburan melainkan tugas pemerintahan yang wajib dilaksanakan.

“Kegiatan itu adalah amanah undang-undang dan ada undangan dari lembaga fashion yang tidak bisa ditolak karena itu dalam rangka memberitakan produk lokal kabupaten Bombana yang sebelumnya sudah sering dilakukan di Jakarta,” ungkapnya pada Sabtu, (25/03/2023).

Dia melanjutkan produk kain tenun kabupaten Bombana telah memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) sehingga hal tersebut patut untuk dipublikasikan agar mendapatkan simpati dari masyarakat untuk menggunakan produk daerah yang bisa selevel dengan produk lainnya.

“Jadi berita yang menyebutkan memamerkan harta atau bergaya hedonis itu tidak benar karena istri pak bupati itu konteksnya itu untuk memamerkan produk daerah yang mungkin bisa diminati oleh masyarakat lain. Jadi pemberitaan itu tidak benar,” timpalnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Bombana, Sopian Baco menambahkan kunjungan ke New York AS merupakan perjalanan dinas pemerintah dan Dekranasda Bombana untuk mengenalkan lebih luas kekayaan produk olahan kain  dan motif khas Bombana ke dunia internasional.

“Kunjungan ke New York AS itu adalah perjalanan dinas dengan misi pengenalan, pengembangan dan pemasaran produk lokal dan budaya Bombana yang makin diminati di luar negeri,” jelasnya.

Dalam kunjungan itu, Pj Bupati mengikutkan Ketua Dekranasda Bombana yang juga Istri Pj Bupati yaitu Hj Fatmawati Kasim Marewa serta Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Bombana, Anisa Sri Prihatin.

Kunjungan itu juga merupakan permohonan dari  Indonesian Fashion and Art Festival (IFAF) yang menjadi event partner New York Indonesia Fashion Week (NYIFW) dengan menggelar fashion show di AS.

Pemerintah Kabupaten Bombana menilai permintaan IFAF untuk  NYIFW itu adalah moment terbaik menjadikan kain olahan dan motif khas Bombana untuk goes internasional.  Apalagi ada 12 motif kain olahan Bombana yang telah mendapatkan Hak Atas Kekayaan Intelektual dari Kemenkum RI.

Dengan pengembangan motif oleh Dekranasda  Kabupaten Bombana yang menjadi kekayaan budaya daerah perlu dilestarikan, dikembangkan dan dipromosikan baik ditingkat, regional, nasional, maupun internasional.

Dia juga mengatakan acara NYIFW itu juga dihadiri Dekranasda Jawa Barat dan Pemerintah-Dekranasda Buton Tengah.

“Jadi kunjungan ke AS bukanlah pelesiran, tapi melakukan misi  promosi produk dan budaya Bombana.  Ini yang kami harus luruskan agar masyarakat tidak salah dalam menerima informasi dari media sosial,” bebernya.

Dalam kunjungan itu, utusan pemerintah-Dekranasda Jawa Barat, Bombana, dan Buton Tengah diterima Konsulat Jenderal RI di New York Bpk Winanto Adi.

Dia juga mengatakan,  bahwa kunjungan ke AS tersebut sudah diketahui dan mendapat persetujuan Gubernur Sulawesi Tanggara H Ali Mazi SH melalui surat rekomendasi ke Kementerian  Dalam Negeri RI No 098/175 dan Surat Kemendagri No 185.2/1013e/SJ tanggal 30 Januari 2023.

“Pemberitaan yang menyebut Pj Bupati dan Istri pergi liburan ke Amerika Serikat adalah tidak benar.  Dengan klarifikasi ini diharapkan tidak mengaburkan fakta sebenarnya sehingga tidak terjadi lagi persepsi yang berbeda di tengah masyrakat di Kabupaten Bombana,” pungkasnya.

Reporter: Dila Aidzin

You cannot copy content of this page