oleh

Polres Konut Simulasikan Sispem Jika PSBB Diberlakukan

-NEWS-54 dibaca

Reporter: Mumun

WANGGUDU – Kepolisian Resor (Polres) Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) membahas simulasi sistem pengamanan (Sispem) dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Sispem ini dibahas dalam rapat bersama Pemerintah Daerah Konut di Mako Polres Konut, Selasa 14 April 2020, sebagai langkah persiapan jika PSBB diberlakukan.

Kapolres Konut AKBP Achmad Fathul Ulum mengatakan, rapat yang digelar merupakan bagian dari Sispem kota jika kebijakan PSBB diterapkan di Konut.

“Kita simulasi atau antisipasi saja jika PSBB diberlakukan. Ini bagian dari upaya pencegahan Covid-19,” kata AKBP Achmad Fathul Ulum ditemui usai rapat.

Menurutnya, selain PSBB, pengamanan pemakaman juga disimulasikan untuk mengantisipasi jika ada warga Konut yang meninggal dengan potensi terpapar Covid-19.

“Sistem pengamanan kota, jika saja PSBB itu diberlakukan. Karena di situ ada dampak keamanan, sosial, apalagi kalau terjadi keos. Makanya itu yang kita simulasikan,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Konut Ruksamin menjelaskan, pasca keluarnya Peraturan Pemerintah nomor 21 tahun 2020 tentang PSBB, maka pemerintah bersama Forkompimda mempersiapkan langkah tersebut.

“Dari data kita pelan-pelan turun. Tapi sedini mungkin kita siapkan memang. Apa nanti terjadi baru kita siapkan, kan tidak begitu. Ini bagian tanggungjawab gugus tugas dan secara tekhnis dilaksanakan oleh Polres Konut. Saya selaku pemerintah daerah mendukung penuh simulasi ini,” terangnya.

Terkini