Polresta Kendari Akan Cegah Tawuran Lewat Program ‘Polisi Masuk Sekolah’

NEWS314 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Polresta Kendari akan mengintensifkan kunjungan ke sekolah untuk melakukan sosialisasi dan edukasi guna mencegah tawuran.

Giat kunjungan sosialisasi ini merupakan bagian dari program ‘Polisi Masuk Sekolah’ yang digagas Kapolresta Kendari, Kombes Pol Muh Eka Fathurahman.

Menurutnya, program ‘Polisi Masuk Sekolah’ ini merupakan program tindak lanjut atas deklarasi anti kekerasan dan tawuran yang dilakukan pelajar dari seluruh sekolah se-Kota Kendari.

Baca Juga : Pelajar se-Kota Kendari Deklarasikan Anti Tawuran

Deklarasi anti tawuran dan kekerasan antar pelajar ini sendiri telah dilaksanakan pada Rabu (25/1/2023) di Ruang Pola Balai Kota, diikuti perwakilan pelajar SMP, SMA, SMK dan MA se Kota Kendari.

“Dari deklarasi ini kami akan tindak lanjuti lagi dengan kegiatan langsung ke sekolah dengan nama, polisi masuk sekolah,” terang Kombes Pol Muh Eka Fathurahman.

Ia juga menjelaskan, tawuran antar pelajar terjadi disebabkan budaya pergaulan yang disalahartikan, sehingga membuat adanya ketersinggungan antar satu sama lain.

Baca Juga : Puluhan Pasangan di Bawah Umur di Kendari Ajukan Dispensasi Nikah

“Ini berkaitan dengan dunia global, dunia medsos, keterbukaan, gampang mendapatkan sesuatu, komunikasi yang bebas. Jadi ada semacam pergeseran budaya anak-anak kita tentang kumpulan-kumpul,” ujarnya.

Kombes Pol Eka juga menjelaskan, pihaknya akan mengintensifkan patroli di malam hari untuk mencegah adanya tawuran antar remaja di Kota Kendari.

“Titik rawan di Kota Kendari terdapat dua lokasi, siang hari di sekitaran Rabam Kecamatan Kadia, sedangkan di waktu malam, di sekitar Kecamatan Wua-Wua, Puuwatu,” pungkasnya.

Reporter : Muhammad Ismail

Facebook : Mediakendari