Profil La Taya

oleh

La Taya lahir di Rete, Kecamatan Parigi, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara 4 Mei 1988. Menamatkan pendidikan Sekolah Dasar di SD 2 Rete (sekarang SD 11 Parigi), Kecamatan Parigi, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara 2001. Pada tahun yang sama, penulis melanjutkan sekolah menengah pertama (SMP) 2 Parigi dan lulus tahun 2004. Selanjutnya mengikuti pendidikan di sekolah menengah atas (SMA) 1 Tongkuno yang juga masih dalam satu kabupaten yakni Muna.

Kemudian melanjutkan studi program sarjana (S1) di Universitas Halu Oleo, Kendari pada tahun 2007 pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Jurusan Ilmu Komunikasi Program Stusi Ilmu Komunikasi Kosentrasi Jurnalistik melalui seleksi PPMP. Pada tahun 2013 penulis menyelesaikan studi sarjana dengan judul skripsi “Audiences Profile Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI Lokal di Kota Kendari”.

Penulis juga pernah menjadi editor di media siber KendariNews.com yang merupakan portal online Kendari Pos (Group Jawa Pos). Aktif dalam berbagai kegiatan lokakarya, workshop, dan pelatihan jurnalistik baik sebagai peserta maupun pemateri diantaranya lokakarya kode etik jurnalistik yang diselenggarakan Dewan Pers di Makassar pada Juli 2011, pertemuan Editor se-Sulawesi dalam acara Editor Rountable di Makassar yang diselenggarakan ELSIM dan WWF Indonesia, serta narasumber pada Pelatihan Jurnalistik Graha Pena Kendari 2013.

Penulis juga “menimba” berbagai pengalaman yakni sebagai Laboran pada jurusan Ilmu Jurusan Ilmu Komunikasi 2010 dan menyusun sejumlah modul mata kuliah salah satunya diantaranya Panduan Fotografi. Pada 2008, penulis hijrah ke Surat Kabar Mingguan Konawe Pos. Namun tidak berlangsung lama, penulis kemudian mengikuti seleksi sebagai jurnalis pada media siber KendariNews.com dan dinyatakan lulus tahun 2010 dan kini menjabat sebagai editor merangkap desainer iklan baik berformat gif, jpg, maupun flash player.

Alumnus Universitas Halu Oleo ini juga pernah menjadi penanggung jawab pemberitaaan pada PT Sutra Televisi Kendari (Sultra TV). Selain itu pernah menjadi editor di sejumlah media siber di Sulawesi Tenggara antara lain Sultrakini.com. Saat ini penulis bekerja pada MEDIAKENDARI.com.

Mahasiswa Pascasarjana Universitas Halu Oleo ini juga telah tersertifikasi oleh dewan pers dengan nomor ID: 5051