PT Pelindo IV Kendari Upaya Cegah Calo dengan Digitalisasi Tiket

NEWS1,071 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Menyikapi maraknya calo di Pelabuhan Nusantara yang terus berjamur tanpa henti membuat PT Pelindo IV Kendari berupaya mencegah hal tersebut dengan membuat pembelian tiket secara digitalisasi.

General Manager (GM) PT. Pelindo IV Kendari, Suparman mengatakan, bahwa calo merupakan salah satu masalah yang hingga saat ini sulit untuk diatasi. Olehnya untuk mengatasi hal tersebut pihaknya akan membuat sistem baru pembelian tiket dengan cara digitalisasi.

“Digitalisasi tiket itu yang kita harapkan dapat terealisasi dan mohon para dukungan semua pihak khususnya perusahaan pelayaran angkutan penumpang,” ujarnya saat konfersi pers terkait Kesiapan Pelabuhan Kendari Hadapi Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Kamis (22/12/2022).

Kata dia, rencananya di bulan Januari 2023 akan dilakukannya sosialisasi bersama Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP)  Kendari terlebih dulu yang dalam hal ini sebagai regulator.

Sosialisasi itu bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat bahwa untuk mengatasi calo yang terus berjamur di Pelabuhan Nusantara agar dilakukannya dengan digitalisasi.

“Digitalisasi perlu dilakukan khususnya angkutan penumpang, sehingga calo-calo itu bisa diminimalisir,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Seksi Lalu Lintas KSOP Kendari, Lukman berharap dengan akan dilakukan sistem baru (digitalisasi) ini masyarakat bisa saling bekerjasama dalam membasmi para calo yang kerap meresahkan penumpang.

Ia juga meminta waktu kepada masyarakat agar dapat menyusun sistem tersebut dengan matang agar nantinya dapat diterima secara baik oleh masyarakat dan dapat membasmi calo

“Mohon berikan kami waktu, kami akan menyelesaikan masalah ini dalam waktu dekat ini,” terangnya.

Reporter : Muhammad Ismail