Kendari

Raih Opini WTP Keenam, Pemkot Kendari Dapat “Bonus” Tambahan DID

257
×

Raih Opini WTP Keenam, Pemkot Kendari Dapat “Bonus” Tambahan DID

Sebarkan artikel ini
Pemkot Kendari
Penyerahan Plakat dari Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Negara perwakilan Sultra, Arif Wibawa (Ujung kiri) kepada Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (Kedua dari Kiri). Foto : Febi Purnasari / Mediakendari.com

)

Reporter : Febi Purnasari / Editor : Kang Upi

KENDARI – Pemerintah Pusat akan menambahkan alokasi Dana Investasi Daerah (DID) untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, karena berhasil mempertahankan raihan opini WTP.

Tambahan alokasi DID ini merupakan bagian dari penghargaan Pemerintah Pusat karena Pemkot Kendari sukses mempertahankan opini WTP hingga enam kali berturut-turut dari BPK RI.

Hal tersebut diungkapkan Kepala kanwil Ditjen Perbendaharaan Negara Provinsi Sultra, Arif Wibawa usai menyerahkan piagam penghargaan opini WTP di Aula Rujab Wali Kota Kendari, Rabu, 07 Oktober 2020.

Penghargaan Pemerintah Pusat yang disimbolkan dalam bentuk sertifikat dan plakat itu diterima langsung Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir didampingi sejumlah jajaran Pemkot Kendari.

“Tahun 2019 DID Kota Kendari berjumlah Rp 32,36 miliar dan di tahun 2020 ini meningkat menjadi Rp 43,87 miliar sehingga terdapat peningkatan sekitar Rp 11,5 miliar dan tentunya di tahun 2021 semakin meningkat lagi,” kata Arif Wibawa.

Dijelaskannya, raihan opini WTP enam kali berturut-turut ini membuktikan jika tata kelola keuangan Pemkot Kendari telah sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku.

Menurutnya, penghargaan WTP yang diterima itu juga akan berdampak terhadap penambahan alokasi DID bagi Kota Kendari dalam beberapa tahun terakhir ini.

“Ini dibuktikan dengan Pemkot Kendari sudah enam kali berturut-turut mendapatkan opini WTP. Kita harap raihan ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengaku bersyukur atas capaian WTP enam kali berturut-turut. Menurutnya, hal itu buah kerja keras seluruh jajaran Pemkot Kendari.

“Alhamdulillah atas semua kerja seluruh jajaran pemerintah Kota Kendari, DPR Kota Kendari, serta seluruh stakeholder sehingga kembali kita mendapatkan opini WTP yang ke 6 kalinya secara berurut-urut,” ujarnya.

Politisi PKS ini juga menyampaikan, pihaknya menargetkan adanya peningkatan dan evaluasi yang akan terus dilakukan meningkatkan kualitas laporan keuangan berikutnya.

“Mungkin ini kelihatannya mudah, namun untuk meraih ini semua butuh kerja keras, koordinasi dan solidaritas dari seluruh jajaran pemerintah kota kendari. Ini adalah buah dari kerja keras kita,” tegasnya.

You cannot copy content of this page