oleh

Rayakan HUT ke-9, OJK Tegaskan Bakti Untuk Negeri

Reporter : Ferito Julyadi

KENDARI – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-9, Senin 22 November 2020 yang dilaksanakan secara virtual yang diikuti seluruh jajaran OJK secara nasional.

Kepala OJK Sultra, Mohammad Fredly Nasution menjelaskan, ditengah pandemi covid-19, insan OJK di seluruh Indonesia terus berjuang sesuai tema HUT tahun ini yakni ‘One OJK, Bakti untuk Negeri’.

Diusia yang masih terbilang cukup muda ini, bukan berarti OJK tidak memiliki upaya dan kebijakan untuk membantu pemulihan ekonomi nasional. Salah satu upayanya ialah memberikan edukasi.

Dalam keterangan persnya, Fredly Nasution menjelaskan sejumlah agenda yang dilaksanakan selama tahun 2020, seperti bulan inklusi yang dilaksanakan selama Oktober 2020.

Dalam rangkaian bulan inklusi, dilaksanakan piket edukasi keungan (PEKA) bersama Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) mulai sektor perbankan, pasar modal dan industri keuangan non bank (IKNB).

Selain itu, juga turut dilaksanakan berbagai agenda sosial untuk membantu pemulihan ekonomi nasional, berkolaborasi dengan pemerintah, bank indonesia (BI), lembaga penjamim simpanan (LPS) dan stakeholder lainnya.

“Secara nasional, sudah lebih Rp 1.000 triliun kredit dan pembiayaan direalisasikan dalam kebijakan relaksasi atau restrukturisasi kredit dan pembiayaan yang berdampak menjaga stabilitas sistem keuangan,” kata Fredly.

Fredly juga menjelaskan, menjelang akhir 2020, OJK secara nasional telah mengumpulkan donasi sebesar Rp20,6 Miliar yang bersumber dari potongan gaji pegawai OJK diseluruh Indonesia.

Selain itu, disalurkan juga bantuan sosial Rp 4,7 miliar berupa bantuan penyediaan perbaikan sarana dan prasarana fisik maupun infrastruktur bagi masyarakat dan lingkungan sekitar kantor OJK di seluruh Indonesia.

“Selama bulan November 2020, kami OJK Sultra terus mengupayakan berbagai kegiatan yang berguna bagi masyarakat dalam melaksanakan hari kelahiran,” terang Fredly.

Menurutnya, di awal November 2020, OJK mengumumkan gebyar lomba duta inklusi dan literasi keuangan nusantara (Dilan) yang disinergikan sebagai penutupan Bulan Inklusi Keuanga 2020.

Lomba yang dilaksanakan Komunitas Learning Center di bawah binaan OJK Sultra, ini rupanya direspon secara antusiasme peserta bahkan hingga dari luar Sultra.

Untuk menang kategori Esai/Artikel, yakni Fadhilah Islami dari SMAN 4 Kendari, Andi Alifsyah dari Universitas Brawijaya (Juara II), Nurwenda Purba dari Universitas Haluoleo (Juara III).

Juara Kategori Poster, yaitu Raymond Rasikah Yusuf dari SMAN 5 Kendari (Juara I), Amran dan Althin dari MAN 1 Kolaka, serta Muh Raihan dan George Frederik dari SMAN 4 Kendari (Juara III).

Selanjutnya kategori Video Pendek, yaitu Ahsanul Amal (Umum) sebagai Juara I, Jefri Supriyatin dan Ichsan Marhaban (Umum) sebagai Juara II, serta Ihsan Alamsyah dan Zulkarnain Baidawi Daeng Siame (Mahasiswa) sebagai Juara III.

Fredly menjelaskan, kegiatan tahun ini didominasi oleh aktivitas pengajaran secara virtual termasuk peserta yang berasal dari sekolah, madrasah, hingga perguruan tinggi.

Rangkaian peringatan HUT ke-9 OJK secara virtual menghadirkan Tiara Andini, Padi Reborn, dan Judika dengan MC kondang Ayu Dewi dan Uus, dalam Virtual Run and Ride 2020 serta Konser Amal Virtual.

Terkini