Kendari

Relawan Muslimah Kendari Bagikan Ratusan Paket Sembako Untuk Warga Miskin

200
×

Relawan Muslimah Kendari Bagikan Ratusan Paket Sembako Untuk Warga Miskin

Sebarkan artikel ini
Tim Relawan Muslimah Kendari saat menyalurkan paket Sembako pada warga miskin di Kota Kendari, Sabtu 4 April 2020. Foto: FEBI/A Relawan ini tergabung dari berbagai kalangan mulai dari Dosen, Dokter, serta beberapa komunitas muslimah yang ada di Kota Kendari.

Reporter : Febi Purnasari

KENDARI – Relawan Muslimah Kendari membagikan 286 paket sembilan bahan pokok (Sembako) secara gratis, untuk ratusan warga miskin yang tinggal di sejumlah wilayah di Kota Kendari.

Pembagian paket ini dilaksanakan bersama Tim Jenazah Muslimah ICM, Tim Rebung, Tim Jenazah Muslimah KMHK, Tim admin KMHK, dan Muslimah BTN Mushab yang tergabung dalam Tim Relawan Muslimah

Pendiri Relawan Muslimah Kendari, Lilin Rosyanti menjelaskan, Sembako dibeli dari dana donasi yang dikumpulkan anggota relawan, yang umumnya bekerja sebagai dosen, dokter serta profesi lainnya.

Aksi sosial ini bertujuan membantu meringankan beban warga miskin yang terdampak kebijakan lockdown, sebagai imbas menyebarnya virus Corona di Kota Kendari dan sekitarnya.

“Efek kebijakan pemerintah terkait lockdown ini berimbas ke masyarakat utamanya orang-orang miskin, fakir, janda kemudian juga ojek online maupun pedagang kaki lima,” kata Lilin.

Lilin menuturkan, dalam aksi sosial ini pihaknya berhasil mengumpulan donasi sebanyak Rp 20 juta. Dana itu sepenuhnya digunakan untuk membeli sembako dan sisanya untuk Alat Pelindung Diri (APD).

“Dalam waktu dua hari kita mengumpulkan donasi sekitar Rp 20 juta dan langsung belanja, ini artinya masyarakat Kendari luar biasa, masyarakat Kendari cinta sesama kita yang mengalami kesusahan,” ungkapnya.

Untuk mekanisme pembagiannya, kata Lilin, Sembako diberikan kepada mereka warga di Kota Kendari yang masuk kategori miskin berdasarkan pendataan yang dilakukan tim Relawan Muslimah Kendari.

“Ada tim yang mendata dan langsung mensurvei orang yang layak menerima donasi. Paket sembako berisi beras, gula pasir, minyak, biskuit, terigu, ikan yang sudah diolah, susu dan juga suplemen vitamin,” terangnya.

Lilin juga memastikan, pembagian sembako oleh tim Relawan Muslimah Kendari dilaksanakan tanpa mengabaikan imbauan pemerintah untuk menjaga jarak dan menggunakan APD.

“Karna kita pada dasarnya petugas juga medis, jadi tidak lupa juga kita perhatikan SOP seperti penggunaan masker, handskun, dan jarak kita. Kegiatan amal ini akan dilanjutkan di tahap kedua sebelum ramadan,” ujarnya.

Ditemui MEDIAKENDARI.com, salah seorang penerima bantuan Sembako, Nur Afni (20) menuturkan, bahwa dirinya dan warga lain merasa berterimakasih dengan bantuan Sembako ini.

“Alhamdulillah dengan adanya kegiatan seperti ini kita yang orang-orang kurang mampu dapat sedikit terbantu,”ucapnya.

You cannot copy content of this page