oleh

Rutan Kelas IIB Unaaha Tutup Kunjungan, Layanan Diganti dengan Ini

 

Reporter: Andis

KONAWE – Rumah Tahanan ( Rutan) Kelas IIB Unaaha, Konawe, Sulawesi Tenggara tak membuka layanan kunjungan keluarga pada hari Raya Idul Fitri 1442 H. Sebagai gantinya, disediakan layanan penitipan barang serta saluran video dalam jaringan atau video call dengan keluarga.

Kepala Pengamana Rutan Kelas IIB Unaaha , Paulus Darma Katto mengatakan, suasana lebaran dalam lingkungan tahanan tahun ini tak jauh berbeda dari tahun sebelumnya, tidak menerima kunjungan ataupun tahanan baru.

Ia menguarai, sudah setahun lebih Rutan Kelas IIB Unaaha menerapkan kebijakan tersebut dikarenakan belum ada intruksi lebih lanjut untuk membuka kembali layanan kunjungan untuk para keluarga tahanan.

“Sesuai intruksi Menteri Hukum dan Ham untuk meniadakan kunjungan guna mencegah penyebaran virus Covid-19,” katanya saat dikonfirmasi MEDIAKENDARI.COM pada Kamis, 13 Mei 2021.

Sebagai gantinya, pihak Rutan Kelas IIB Unaaha menyediakan layanan video call dan wartelsuspas untuk media komunikasi dengan keluarga.

“Layanan ini kami maksimalkan selama bulan Ramadhan demi memberikanan pelayanan prima kepada masyarakat yang ingin silaturahim dengan keluarganya untuk durasinya sekitar 10-15 menit,” ungkapnya.

Selain layanan video call, pihaknya tetap membuka layanan penitipan barang dari keluarga narapidana, melalui loket khusus yang telah disiapkan.

“Layanan kunjungan dibuka, yakni penitipan makanan sejak pukul 09.00 – 16.00 WITA,” terangnya.

Menurutnya, kepadatan pengunjung sudah terlihat sebelum jam layanan dimulai. Mereka mengantri untuk mendaftar di loket sebelum masuk untuk menitipkan makanan seraya mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan masker.

“Lewat layanan kunjungan berupa titipan makanan dan video call, WBP diharakan bisa merasakan suasana Idulfitri berkumpul dengan keluarga meskipun secara virtual,” pungkasnya. (C)

Terkini