oleh

Sarasehan dan Deklarasi Damai, Polisi Ajak Warga Baubau Bantu Jaga Kamtibmas

Reporter : Adhil

BAUBAU – Kepolisian Resor (Polres) Baubau menggandeng Pemerintah Kota Baubau, menggelar kegiatan sarasehan dan deklarasi damai bersama tokoh masyarakat, tokok adat, tokoh pemuda, pimpinan organisasi kepemudaan se Kota Baubau, Rabu 29 September 2021.

Kegiatan yang digelar di rumah jabatan Wali Kota Baubau, mengusung tema merawat harmoni, merajut kebhinekaan dana perbedaan guna menjaga Kamtibmas yang kondusif di Kota Baubau.

Wali Kota Baubau, Dr H AS Tamrin MH dalam penyampaiannya mengatakan, diera modern seperti saat ini, banyak hal yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan antar sesama. Seperti banyaknya berita Hoaks yang kerap tersebar dilingkungan masyarakat. Untuk itu, masyarakat diminta lebih bijak dalam menelaah setiap informasi yang diterima.

Baca Juga: Masyarakat Kendari Puas dengan Kinerja Sulkarnain Kadir sebagai Wali Kota

Setiap masyarakat juga kata AS Tamrin, perlu mengimplementasikan nilai budaya lokal menjadi suatu keutuhan yang kuat agar bisa mewujudkan situasi yang kondusif secara bersama-sama.

“Dari dulu, di Buton ini khususnya Baubau punya dasar-dasar bermasyarakat yang dikenal dengan sebutan sara pataanguna atau saat ini telah terimplementasikan dalam bentuk visi-misi Pemerintah Kota Baubau yaitu PO-5. Nah dasar itulah yang perlu dipegang tegus oleh masyarakat sebagai panduan tatanan hidup bermasyarakat, sehingga kondusifitas tetap terjaga. Kita juga akan mampu mencegah terjadinya konflik sosial ditengan-tengah masyarakat,” kata AS Tamrin.

Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Tangkari dalam penyampaiannya mengatakan, pada dasarnya keberagaman masyarakat Indonesia khususnya di wilayah hukum Polres Baubau, menjadi modal dasar dalam pembangunan bangsa. Untuk itu, sangat diperlukan rasa persatuan dan kesatuan yang ditanam disetiap warga masyarakat.

Baca Juga: BNNP Sultra dan Resnarkoba Polda Sultra Terus Dorong Masyarakat Untuk Bersama Berantas Narkoba

“Sayangnya, saat in masih saja ada konflik yang terjadi dengan menatasnamakan suku, agama, ras atau antar golongan. Itulah yang perlu kita antisipasi saat ini, dan kita berharap itu tidak terjadi di Kota Baubau,” harap Rio Tangkari.

Persatuan bangsa, kata Rio, merupakan syarat mutlak bagi kejayaan Indonesia. Namun jika masyarakat tidak bersatu serta masih mengutamakan kepentingan pribadi dari pada kepentingan bersama, maka cita-cita Indonesia yang ada pada sila ketiga Pancasila, akan jadi mimpi yang tidak akan terwujud.

“Kuncinya, perlu penyatukan komitmen bersama seluruh komponen masyarakat untuk merajut kebhinekaan dalam perbedaan guna menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif, khususnya di wilayah Kota Baubau,” terang Rio Tangkari.

Baca Juga: The Haluoleo Institute : Abdul Razak-Andi Sulolipu Elektabilitas Tertinggi untuk Pilwali Kendari

“Kita tidak pernah bisa memilih terlahir dari rahim agama apa, suku apa, terlahir dimana, maka Indonesia adalah rumah besar kita dan harus kita jaga bersama. Dan Kota Baubau adalah salah satunya yang wajib kita jaga bersama,” tutupnya.

Usai penyampaian Wali Kota Baubau dan Kapolres, acara kemudian dilanjutkan dengan deklarasi damai serta ditutup dengan penandatanganan deklarasai damai tersebut.

 

Terkini