oleh

Satgas Covid-19 Siap Cegah Masuknya Omicron di Baubau

-NEWS-158 dibaca

BAUBAU – Varian baru Covid-19 atau yang dikenal dengan sebutan Omicron, kembali menjadi ancaman kesehatan masyarakat. Bahkan belum lama ini, varian tersebut dikabarkan telah mewabah di Indonesia.

Sebagai upaya pencegahan varian tersebut masuk ke Kota Baubau, Pemerintah Kota Baubau dalam waktu dekat bakal menggelar rapat koodinasi (rakor) bersama seluruh pihak terkait.

Rakor tersebut dilakukan, untuk menentukan prosedur protokol kesehatan yang wajib diterapkan agar warga Baubau terhidar dari paparan Omicron.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Baubau, La Ode Muslimin Hibali mengatakan meski jadwal rakor belum dapat dipastikan.

Baca Juga : Asosiasi BPD Konsel Usulkan Draft Raperda Tentang BPD ke DPRD

“Tapi langkah yang pasti diambil oleh tim satuan tugas (Satgas) pencegahan Covid-19 yaitu dengan mengaktifkan kembali seluruh pos penjagaan dan pengawasan di seluruh pintu masuk menuju kota Baubau baik laut, darat maupun udara,”terang Muslimin kepada Media Kendari. Com, Rabu Januari 2022.

Selain pengawasan pintu masuk, tim Satgas Covid-19 juga bakal mengaktifkan kembali tim penyemprotan cairan disinfektan. Nantinya, tim tersebut akan bertugas sebagai tim pencegahan awal masuknya varian Omicron di Baubau.

“Meski wabah Omicron belum masuk di Baubau, kami berharap warga Bubau tetap waspada. Program vaksinasi diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik untuk membantu menambah imun tubuh, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, menggunakan masker serta rajin cuci tangan, hindari kerumuman juga perlu diperhatikan agar kita tidak mudah terserang penyakit, khususnya Covid-19,” ungkapnya.

Penulis : Adhil