oleh

Setelah Pemilu 2019, Ribuan Pemilih Baru Tercatat di Bombana

Reporter: Hasrun

BOMBANA – KPU Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara mencatat terjadi penambahan 2.582 pemilih baru per Februari 2021. Angka ini diambil berdasarkan penambahan dari jumlah pemilih pada Pemilu 2019 lalu.

“Kita sudah rapat bulan Februari 2021 ini, ada peningkatan data dari 100. 439 menjadi 103.021 pemilih dengan rincian laki-laki sebanyak 51.377 dan 51.684 perempuan,” kata Ketua KPU Bombana, Aminuddin pada Sabtu, 27 Februari 2021.

Ia mengatakan, data jumlah pemilih tersebut diambil dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bombana. Selain itu, beberapa data juga berdasarkan tanggapan dari masyarakat.

“Misalnya tanggapan masyarakat kalau ada pemilih baru ataupun ada yang tidak memenuhi syarat, kita data,” terangnya.

Aminuddin mengungkap, pemutakhiran dan pemeliharaan data berkelanjutan ini dilakukan setiap bulan setelah Pemilu 2019 lalu. Dari pemutahiran tersebut, KPU mencatat terjadi peningkatan jumlah pemilih di wilayah Bombana.

Hal ini dilakukan untuk mempermudah petugas penyelenggara pemilu jika terjadi Pileg ataupun Pilkada di waktu yang akan datang. Selain itu dimaksudkan sebagai upaya memastikan setiap pemilih tidak terlewatkan dan terdaftar sebagai wajib pilih di Bombana.

“Pun agar datanya termutakhir dan akuntabel,” katanya.

Mantan Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Poleang ini mengatakan, pihaknya akan terus melakukan proses pemeliharaan data hingga Pemilu atau pun Pileg dilakukan.

“Sebab ini merupakan perintah undang-undang,” pungkasnya. (b)

Terkini