NEWS

Siaga di 11 Kecamatan, Ratusan Anggota KATANA Kota Kendari Dikukuhkan

730
×

Siaga di 11 Kecamatan, Ratusan Anggota KATANA Kota Kendari Dikukuhkan

Sebarkan artikel ini
Tampak Wali Kota Kendari saat mengukuhkan kelompok KATANA. (Foto: Ist)

KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari secara resmi mengukuhkan Keluarga Tangguh Bencana (KATANA) pada Kamis, 2 Juni 2022 di salah satu hotel di Kota Kendari. Pengukuhan ini dilakukan langsung oleh Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir.

Pelaksanaan pengukuhan dan pelatihan KATANA melibatkan ratusan orang dari 65 kelurahan yang tersebar di 11 kecamatan di Kota Kendari.

Sulkarnain dalam sambutannya mengatakan, bencana tidak bisa diprediksi kapan datangnya dan dalam bentuk apa dia datang. “Oleh karena itu untuk menanggulangi bencana, pertama, kita bisa melakukan dengan upaya mencegah karena ada di antara bencana-bencana yang bisa diantisipasi keberadaannya, seperti bencana banjir,” ucapnya.

 

Baca Juga : Staf Notaris di Konawe Selatan Diduga Cabuli Anak Dibawah Umur

Sulkarnain menambahkan, saat terjadi bencana, masyarakat harus benar-benar tahu langkah apa yang harus dilakukannya dan juga dia menghimbau agar masyarakat tidak panik.

Lebih lanjut, pembentukan kelompok KATANA ini adalah sebagai bentuk kesiapsiagaan masyarakat Kota Kendari dalam menghadapi bencana alam.

Baca Juga : Pelaku Pemotongan Bapak dan Anak di Anduonohu Diamankan Polisi

“Kita jadikan momen pengukuhan ini sebagai langkah awal untuk menyiapkan diri, karena kita tidak tau kapan bencana itu akan datang dan sebesar apa dampaknya. Mudah-mudahan dengan tekad dan kesungguhan kita bersama, InsaAllah Kota kita bisa semakin tumbuh dan tangguh,” terang pria yang akrab disapa Sul ini.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari, Paminuddin mengatakan, kelompok KATANA bekerja dengan memprioritaskan tindakan pencegahan sebelum bencana terjadi.

“Kepada masyarakat diharapkan memahami tentang risiko bencana yang ada di sekitarnya, mengenal pemahaman bencana, memahami peringatan dini bencana, dan hal-lain yang berhubungan dengan kebencanaan,” pungkasnya.

 

Reporter : Dila Aidzin

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page