NEWS

Siaga di Momen Lebaran, KPP Kendari Kerahkan 122 Personil

642
×

Siaga di Momen Lebaran, KPP Kendari Kerahkan 122 Personil

Sebarkan artikel ini
Suasana apel Siaga SAR Khusus Lebaran Tahun 2023 / 1444 Hijriah

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari menyiapkan 122 Personil Siaga SAR Khusus Lebaran Tahun 2023 / 1444 Hijriah. Kegiatan siaga SAR khusus Lebaran kali ini berlangsung dari tanggal 13 April (H-9) s/d 3 Mei 2023 (H+11).

Tujuan dari pelaksanaan Siaga SAR khusus Lebaran Tahun 2023 / 1444 Hijriah adalah terwujudnya pelayanan SAR yang profesional, sinergi dan militan dalam mendukung kebijakan pemerintah.

Dalam arahan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi yang dibacakan oleh Pelaksana Tugas Kepala KPP Kendari Rudi dalam apel siaga hari ini menyampaikan agar mewaspadai titik-titik simpul kemacetan lalu-lintas, sebagai upaya deteksi dini jika terjadi kedaruratan luar biasa menimpa pemudik.

“Tempatkan kapal atau Alut air di lokasi-lokasi startegis di pelabuhan-pelabuhan penyeberangan, dan bekerja sama dengan otoritas pelabuhan aktif mensosialisasikan dan memonitor keselamatan penumpang kapal,” ujarnya dalam arahannya Jumat, 14 April 2023.

Selain itu Kabasarnas juga menekankan kepada seluruh personil untuk menjaga profesionalisme dan sinergitas yang baik dengan seluruh Potensi SAR dalam melaksanakan Siaga SAR Khusus, serta utamakan kesehatan dan keselamatan.

Untuk KPP Kendari sendiri mempersiapkan personil sebanyak 122 org dalam pelaksanaan Siaga SAR khusus Lebaran ini.

“Diantaranya, Penanggung jawab 1 orang,Koordinator Siaga 5 orang, Rescuer KPP Kendari 30 Orang, Petugas Komunikasi 9 Orang, KN SAR Pacitan 13 Orang, RB 210 5 Orang, RB 307 6 Orang, Tenaga Pendukung ABK 19 Orang, Pos SAR Kolaka 5 Orang, Pos SAR Baubau 7 Orang, Pos SAR Wakatobi 10 Orang, Unit Siaga SAR Luwu Timur 4 Orang, Unit Siaga SAR Konawe Utara 4 Orang
dan Unit Siaga SAR Muna 4 Orang,” sebutnya.

Sementara itu, Lokasi Siaga SAR Khusus Lebaran Tahun 2023 / 1444 Hijriah yakni
Pelabuhan Nusantara, pelabuhan Wanci, pelabuhan Wawonii, pelabuhan Torobulu, pelabuhan Murhum, pelabuhan Raha.

“Selain itu juga pelabuhan penyebrangan kolaka – bajoe, Bandara Haluoleo, Bandara betoambari, bandara matahora, Tempat wisata kendari, Kolaka, Baubau, Wakatobi, Luwu Timur, Konawe Utara dan Muna, serta Terminal Angkutan darat,” pungkasnya.

Reporter: Sardin.D

You cannot copy content of this page