21 Desa Persiapan Bakal Teralisasi Tahun 2018 di Kolut

LASUSUA – Di tahun 2018 ini, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut)  Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan tereliasasi  21 desa persiapan dari kementerian di beberapa kecamatan di Kolut.

Ketua Komisi lll DPRD Kabupaten Kolut melalui Anggota Komisi III, Kanna menjelaskan,  dari 127 desa di Kolut ada beberapa desa di  kecamatan yang layak dimekarkan dari desa induk.

“Kami dari pihak komisi lll DPRD Kolut bermohon kepada DPR RI untuk mendesak ke pihak kementerian dalam hal pemekaran 21 desa yang ada di Kolut, karena hasil evaluasi beberapa tahun ini sudah ada beberapa desa yang layak dimekarkan,” ungkap Kanna kepada Mediakendari.com di ruang kerjanya, Senin ( 26/2/2018 ).

Karena itu, Politisi Golkar ini  juga menyampaikan kepada beberapa desa yang akan disiapkan menjadi desa persiapan untuk mendapatkan Surat Keputusan (SK) dari Bupati, serta  untuk  dievaluasi beberapa tahun agar ditingkatkan  dan dibuatkan Peraturan Daerah (Perda).

BACA JUGA: Pj Desa Mikuasi Pecat Semua Perangkatnya, DPRD Kolut: ini Tidak Sesuai Aturan

“Ini kan masih tahap verifikasi untuk dijadikan 21 desa persiapan, dari 21 desa itu, 10 desa telah diverifikasi dan 11 desa akan menyusul. Insya Allah di tahun ini 21 desa di Kolut akan ada penambahan desa yaitu desa persiapan,” ungkapnya.

Menurut Kanna, dari 21 desa persiapan di Kolut, desa induk masih membiayai. Kanna berharap, desa persiapan tersebut tidak mengangkat perangkat desa dulu, karena terkendala anggaran.

Reporter: Bahar 
Editor: Jubirman

BERITA TERKAIT :
Iklan Balai PJN-XII Kendari
Iklan BLUD Konawe