uasan Pawai Pembukaan STQH kabupaten Konsel yang ke 16 yang di gelar di lapangan utama Andoolo

Buka STQH, Bupati Konsel Ajak Masyarakat Wujudkan Semboyan Tiada Hari Tanpa Baca Al-Qur’an

Reporter : Erlin

Editor : Def

ANDOOLO – Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) Tingkat Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) ke-16 resmi dibuka Kamis (28/2/2019). Pembukaan kegiatan dua tahunan ini diawali dengan pawai Ta’ruf peserta dari 25 Kecamatan, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yang sekaligus ditandai dengan pengambilan sumpah dan pengukuhan para Dewan Hakim STQH.

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga mengatakan, kegiatan dua tahunan ini merupakan agenda rutin Pemerintah Pusat dan Daerah di Indonesia dalam rangka menjaring Qori-Qori’ah yang nantinya akan mengikuti STQH Tingkat Provinsi dan Nasional.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan dan mengamalkan serta menjadikan Al-Qur’an sebagai bacaan utama dan sekaligus petunjuk jalan yang lurus serta pedoman bagi umat Islam dimuka bumi, baik saat bertutur kata maupun dalam berperilaku sehari-hari,” ucapnya

Baca Juga : Hujan Guyur Area STQH Konsel, Agenda Pawai Molor

Surunuddin juga mengajak seluruh umat Islam di Konsel, untuk selalu menghidupkan perasaan cinta kepada nilai-nilai yang terkandung di dalam Al-Qur’an dan menjadikannya bacaan utama dari sekian banyak koleksi buku, dengan mewujudkan semboyan “Tiada Hari Tanpa Baca Al-Qur’an”.

Lanjutnya, Pelaksanaan STQH 2019 ini untuk mewujudkan moderasi beragama dalam kehidupan sosial kemasyarakatan guna mendukung terwujudnya Desa Maju Konsel Hebat dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan syiar Islam di Konsel.

“Sekaligus sebagai tonggak dan evaluasi dalam membina Qori-Qoriyah menuju kemandirian yang terencana, terstruktur dan berkelanjutan untuk membentuk masyarakat religius yang memiliki kemampuan, integritas dan kapabilitas dalam mengamalkan nilai keagamaan yang harus terus kita dorong,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua LPTQ Konsel, H. Arsalim Arifin mengatakan, kegiatan ini sesuai juga dengan keputusan bersama Menteri Agama dan Mendagri Nomor 19 tahun 1977 tentang pembentukan LPTQ. Dimana, LPTQ Konsel telah terbentuk di 25 kecamatan sejak tahun 2016 dan dilantik pada Tahun 2018 lalu, yang bertugas dan telah menyelenggarakan dan mengikuti MTQ, STQ mulai Tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional di Kota Medan.

Baca Juga : Pemda Konsel Percepat Jadwal Pelaksanaan STQH

“Selain menyelenggarakan STQ kita juga melakukan pembinaan kepada Qori-Qoriah, dan sekaligus berharap semoga dengan adanya pembangunan gedung islamic centre pada tahun ini, dan tahun 2020 Konsel bisa dipercaya sebagai tuan rumah MTQ Tingkat Provinsi,” harap Wakil Bupati Konsel itu. (B)


error: Content is protected !!