Bupati Butur, Drs. H. Abu Hasan, M,Pd saat meminpin upacara. Foto : Safrudin Darma/Mediakendari.com/B

Bupati Butur Pimpin Upacara Pembukaan TMMD Ke-105

Reporter : Safrudin Darma

Editor : Kang Upi

BURANGA – Bupati Buton Utara (Butur) Drs. H. Abu Hasan, M.Pd membuka secara resmi program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 tahun 2019 yang digelar KODIM 1416/Muna.

Pembukaan TMMD ke-105 ini dilakukan melalui upacara bendera yang digelar di Lapangan Raja Jin Kulisusu, Kamis (10/7/2019).

Bupati Butur, Drs. H Abu Hasan, M,Pd menjelaskan bahwa TMMD adalah kelanjutan program ABRI masuk desa yang merupakan program lintas sektoral yang dilaksanakan secara terpadu antara TNI.

“Kementerian lembaga Pemerintah non Kementerian, Pemerintah daerah dan swasta bersama masyarakat desa lokasi sasaran,” papar Abu Hasan dalam amanatnya.

Diungkapkannya juga, bahwa program TMMD merupakan salah satu program dalam Nawa Cita Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah terluar dan desa dalam kerangka NKRI.

“Adapun sasaran program TMMD Ke-105 yakni mencakup sasaran fisik dan non fisik,” terangnya.

Untuk sasaran fisik papar Abu Hasan, yaitu pembangunan masjid, rehabilitasi tambatan perahu dan rehabilitasi jalan titian kayu di atas air pada lingkungan desa.

BACA JUGA :

Sedangkan untuk sasaran non fisik meliputi penyuluhan bela negara, penanggulangan terorisme dan radikalisme, penanggulangan bahaya narkoba dan penyakit menular, penyuluhan KB dan antisipasi penanggulangan bencana.

“Serta pengobatan massal gratis kepada masyarakat sasaran yang telah dipilih, dan memadukan program pemerintah daerah untuk dibahas di forum DPRD untuk selanjutnya disahkan menjadi program pembangunan daerah,” ungkapnya.

Kami berharap, lanjut Abu Hasan, dengan hadirnya TMMD dapat mempercepat pembangunan infrastruktur dan dapat mempererat hubungan TNI dengan masyarakat Kabupaten Buton Utara. (a)

Iklan BPKAD
Iklan BLUD Konawe