Iklan Ramadhan Kominfo


Notice: Trying to get property of non-object in /home/mediaken/public_html/wp-content/themes/colormag-pro/content-single.php on line 26

Dishut Sultra Bakal Inventariskan Lahan Buat Warga Kolut

LASUSUA – Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Konsultasi Publik tentang Persiapan Pengajuan Permohonan Penyelesaian Penguasaan Tanah dalam Kawasan Hutan (PPTKH) yang digelar di lantai tiga kantor Bupati Kolaka Utara (Kolut), Rabu (28/2/2018).

Dalam kegiatan tersebut melibatkan para Kepala Desa dan Camat se-Kolut yang wilayah desanya telah lama bermukim masyarakat dan bercocok tanam serta masuk dalam Kawasan hutan lindung .

Kadis Dishut Sultra yang diwakili Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan dan Pemamfaatan Hutan, Ir Sahid mengungkapkan, kegiatan tersebut untuk pengetahuan para Camat dan Kepala Desa, cara persiapan Pengajuaan Permohonan Penyelesaian Penguasaan Tanah oleh masyarakat yang telah lama bermukim, bahkan bercocok tanam yang masuk dalam kawasan hutan lindung di wilayah desa masing-masing.

“Kami memberikan pemahaman kepada Kades yang masuk dalam Kawasan Peguasaan Hutan Lindung atau KPHL oleh warganya dalam  persiapan pengajuan permohonan untuk penyelesiaan tanah masyarakat  yang telah lama dikuasai seperti pemukiman, Sekolah, Kantor Desa, Puskesmas yang berada dalam kawasan hutan untuk ada perubahan Tata batas,” ungkap Sahid.

BACA JUGA: Soal Dugaan Penyalahgunaan Wewenang dan Keuangan di Muna, Dishut Sultra Kirim Staf Teknis

masyarakat Kolut yang terlanjur bermukim dalam kawasan, Kata Sahid, pihaknya akan mengimfentarisasi penduduk yang telah lama bermukim dalam kawasan hutan selama 20 tahun belakangan.

“Salah satu syarat imfentarisasi  penduduk yang bermukim itu selama 20 tahun untuk mengajukan permohonan dari kawasan hutan menjadi tata batas hutan, kalau direstui pemerintah akan dibuatkan sertifikat, tetapi kalau di bawah 20 tahun belum bisa diajukan menjadi  Perubahan Tata Batas dan ini akan jadi masaalah,” ungkapnya.

Untuk diketahui, turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Kolut, Abbas, Asisten II Setda Kolut, Djunus, Kepala Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah XXII Kendari, Lontas Jonner Sirait, Kepala Koordinator Unit XVI KPHL dan KPHP, Camat dan Kepala Desa.

Reporter: Bahar 
Editor: Kardin

Iklan kONAWE

error: Content is protected !!