oleh

Tiga Mahasiswa Asal Konut Dipulangkan, Tujuh Orang Masih di China

-NEWS-143 dibaca

Reporter: Mumun

WANGGUDU – Tiga mahasiswa jurusan kedokteran asal Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang menempuh dunia pendidikan di China tiba di Kota Kendari, Selasa 28 Januari 2020.

Setelah sempat menjadi kekhawatiran banyak pihak karena merebaknya virus Corona di negeri tirai bambu, para mahasiswa ini akhirnya dipulangkan atas instruksi Bupati Konut, Ruksamin.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konut Lapeha menjelaskan, tiga dari 10 mahasiswa telah berada di Kendari. Sementara untuk tujuh mahasiswa lainnya masih berada di China.

“Kita sudah koordinasi dengan pihak institut dan sudah konsultasi dengan pihak KBRI mereka aman-aman saja. Mereka juga tidak sedang dikarantina,” kata Lapeha, Selasa 28 Januari 2020.

Menurutnya, ketujuh mahasiswa tersebut belum dapat dipastikan apakah akan dipulangkan ke Indonesia atau tidak. Meskipun saat ini para mahasiswa asal Bumi Oheo itu tengah libur semester.

“Kita lihat perkembangannya. Kalau memang situasinya perlu dipulangkan, yaa kita akan pulangkan. Intinya yang tujuh orang ini tinggal jauh dari kota yang terkena virus Corona, dan tetap mereka diawasi utamanya soal makanan,” ujarnya.

“Kalau nanti virus Corona ini masih terus menyebar kita akan pulangkan mereka. Kalau yang tiga ini kita lihat situasinya apa sudah aman baru kita berangkatkan kembali ke sana untuk kuliah,” tambahnya.

Terkini