NEWS

Wakil Ketua KPK RI Sebut, Rektor Unila Terima Uang Rp 5 Miliar

702
×

Wakil Ketua KPK RI Sebut, Rektor Unila Terima Uang Rp 5 Miliar

Sebarkan artikel ini

JAKARTA, MEDIAKENDARI.COM – Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof Dr Karomani M.Si ditetapkan sebagai tersangka kasus suap penerimaan calon mahasiswa baru di lingkungan kampus oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, dalam operasi tangkap tangan (OTT) KPK pada Sabtu (20/08/22).

”KPK meningkatkan status perkara ini ke tahap penyidikan dengan menetapkan tersangka,” kata Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur Rahayu dalam konferensi pers di kantornya, Minggu (21/8/2022) kemarin seperti yang dikutip kompas.com.

Tidak hanya Karomani yang ikut terlibat dakam kasus ini, KPK juga menetapkan tiga orang tersangka lainnya dalam kasus ini, yakni HY (Heryandi) sebagai Wakil Rektor I Bidang Akademi Unila, MB (Muhammad Basri) sebagai Ketua Senat Unila, dan AD (Andi Desfiandi) dari pihak swasta.

Baca Juga : Pemda Konawe Resmikan Mall Pelayanan Publik

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menyebut, penjeratan keempatnya sebagai tersangka karena diduga telah terjadi transaksi suap total Rp 5 miliar.

Karomani dkk diduga menerima suap terkait penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri di Unila. Diduga, ia menerima Rp 100-350 juta per penerimaan mahasiswa tersebut. Salah satunya dari Andi Desfiandi selaku keluarga mahasiswa yang diloloskan.

Proses suap menyuap itu dilakukan saat seleksi jalur khusus Seleksi Mandiri Masuk Universitas Lampung (SIMANILA) tahun akademik 2022.

“KRM yang menjabat sebagai Rektor Unila memiliki wewenang salah satunya terkait mekanisme dilaksanakannya Simanila tersebut,” kata Ghufron.

Ghufron mengatakan selama proses Simanila itu, Karomani aktif terlibat langsung dalam menentukan kelulusan para peserta.

Baca Juga : Pasutri di Baubau Ditemukan Meninggal dengan Beberapa Luka di Kediamannya

Salah satunya dengan memerintahkan bawahannya menyeleksi secara personal kesanggupan orang tua mahasiswa untuk memberikan sejumlah uang.

“Yang apabila ingin dinyatakan lulus, dapat dibantu dengan menyerahkan sejumlah uang, selain uang resmi yang dibayarkan sesuai mekanisme yang ditentukan pihak universitas,” katanya.

Besaran nominal yang disepakati bervariasi, berada pada kisaran Rp100 juta hingga Rp350 juta untuk setiap orang tua calon mahasiswa baru.

Kemudian dalam penagihannya, Karomani diduga memerintahkan Mualimin selaku dosen mengumpulkan uang dari para orang tua yang ingin anaknya diluluskan.

Salah satu yang memberikan uang adalah Andi Desfiandi.

Baca Juga : Usai Mangkir dari Panggilan Penyidik, Prof B Hadir Didampingi Tiga Pengacara

Dia diduga menghubungi Karomani untuk bertemu langsung menyerahkan uang karena anggota keluarganya dinyatakan lulus Simanila.

Namun, Karomani memerintahkan Mualimin menerima uang titipan dari Andi tersebut yang jumlahnya Rp 150 juta di Lampung.

Adapun uang yang diterima Karomani melalui Mualimin seluruhnya adalah Rp 603 juta.

Sekitar Rp 575 juta telah digunakan untuk keperluan pribadinya.

KPK juga menemukan adanya sejumlah uang yang diterima oleh Karomani dari Budi Sutomo dan M Basri yang berasal dari pihak orang tua calon mahasiswa yang telah dialih bentuk menjadi tabungan deposito, emas batangan.

Baca Juga : Polresta Kendari Tangkap Pria Pengedar Sabu, Pelaku: Saya Khilaf Pak

Selain itu ada yang tersimpan dalam bentuk uang tunai dengan Dalam operasi tangkap tangan ini KPK telah mengamankan barang bukti yang diduga merupakan suap tersebut.

Barang bukti itu yakni uang senilai Rp 414,5 juta; deposito bank senilai Rp 800 juta; kunci save deposit boks diduga isi emas setara Rp 1,4 miliar; dan kartu ATM serta buku tabungan yang berisi Rp 1,8 miliar.

Terhitung mulai 20 Agustus hingga 8 September 2022, keempat tersangka akan ditahan di Rutan KPK. (RED)

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page