Warga Baubau Diimbau Waspada Aktivitas di Laut

Reporter: Adhil
Editor: La Ode Adnan Irham

BAUBAU – Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Baubau, mengimbau masyarakat, terutama yang bermukim di wilayah, tetap waspada saat beraktivitas di laut.

Kasat Polair Polres Baubau, IPTU Baharuddin, S.H ditemui Kamis (09/01/2020) mengatakan, imbauan kepada masyarakat diberikan mengingat kondisi cuaca di Kota Baubau dan sekitarnya saat ini kurang bersahabat.

Ditambah, curah hujan tinggi hingga kencangnya angin, memicu tingginya gelombang laut. Sehingga dianggap rawan serta berbahaya bagi nelayan.

Untuk itu kata IPTU Baharuddin, sebagai pejabat Kasat Polair yang baru menjabat menggantikan perwira sebelumnya, AKP Ronald Abdul Gani Sirait, meminta pemilik kapal dan Long boat agar melengkapi kapal dengan alat keselamatan, seperti jaket pelampung.

“Khusus pemilik kapal yang dikomersilkan, kami imbau agar tidak memuat barang atau penumpang melebihi kapasitas. Untuk para nelayan, perhatikan faktor cuaca sebelum melaut,” imbaunya.

Pihaknya juga memasang spanduk pemberitahuan di beberapa tempat umum yang ramai masyarakat. Dia berharap, masyarakat lebih waspada dan terhindar dari hal-hal yang bisa merugikan diri dan orang banyak saat beraktivitas di laut.

Ditemui di tempat terpisah, Kepala BMKG Kota Baubau, Fatuhri Syahbani juga mengimbau masyarakat, khususnya nelayan untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang masih terjadi di wilayah perairan Kota Baubau dan sekitarnya.

“Lebih baik menunda dulu aktivitasnya di laut. Terutama di perairan Buton Selatan, hingga jalur menuju pulau Batuatas dan Wakatobi,” terangnya. (A)