Kades Sinar Mosolo Bagikan Ribuan Bibit dan Gelar Pelatihan Budidaya Merica

banner travel

LANGARA – Desa Sinar Masolo Kecamatan Wawonii Tenggara Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) resmi membagikan 3000 bibit merica kepada masyarakat.

Kegiatan yang dinamakan Launching bibit ini juga dilanjutkan dengan pelatihan budidaya merica. Menurut Kepala Desa Sinar Masolo, Alimudin,  hal ini bertujuan agar masyarakat mengetahui cara tanam dan pemeliharaan tanaman merica yang  baik.

“Dengan ini, kita berharap masyarakat Sinar Masolo tidak lagi menggunakan cara-cara tradisional dalam menanam merica,” ungkap Alimudin dalam sambutannya di balai desa pada Senin malam (16/4/2018).

Selain itu, lanjut Alimudin, tanaman merica merupakan jenis tanaman yang bisa menaikkan indeks pendapatan per kapita masyarakat. Sehingga, kata dia, perekonomian desa dapat meningkat.

BACA JUGA: Lamomea, Desa Agro Wisata Pertama Konsel yang Canangkan Pepaya California

Lebih lanjut, Alimudin menjelaskan, pembagian bibit dan pelatihan ini akan dilanjutkan dengan kegiatan monitoring atau pendampingan selama satu tahun.

“Jadi, ini kita tidak akan lepas begitu saja, akan selalu diberikan pendampingan langsung ke lapangan,” jelasnya.

Tempat sama, salah satu masyarakat Desa Sinar Masolo, Hasanuddin (38), mengaku mengapresiasi langkah yang diambil Kades Sinar Masolo. Karena Dana Desa (DD) yang digelontorkan pemerintah pusat tidak hanya dialokasikan ke kegiatan fisik.

“Jelas ini kita apresiasi. Apalagi selama ini DD sebagian besar selalu ke kegiatan fisik. Apalagi masyarakat disini sebagian besar berprofesi sebagai petani. Jadi ini tepat sekali,” ucap Hasanuddin.


Reporter: Jubirman
Editor: Kardin
Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!