Pemda Konsel Tetapkan Jadwal Safari Ramadhan dan Zakat Fitrah

104
Ramadhan
Suasana rapat Pemda Konsel bersama Kemenag untuk penentuan zakat fitrah dan jadwal Safari Ramadhan. Foto: Erlin

ANDOOLO – Sambut Bulan Suci Ramadhan dan Idhul Fitri 1439 Hijriyah, Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar rapat bersama Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Konsel untuk menentukan jadwal Safari Ramadhan dan besaran pembayaran Zakat Fitrah.

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga mengatakan, petemuan tersebut sebagai persiapan mengisi kegiatan bulan Ramadhan dengan melakukan safari sekaligus menentukan besaran zakat fitrah.

Safari Ramadhan sendiri kata Surunudin, dimulai pada hari Sabtu mendatang yang dilaksanakan selama 11 hari dengan menjangkau 25 Kecamatan dan berakhir delapan hari sebelum shalat Idul Fitri.

“Itu terbagi dalam tiga tim sehari yang bisa menyelesaikan kunjungannya di tiga Kecamatan sekaligus dan anggotanya seluruh Pimpinan SKPD serta unsur Forkopimda, MUI dan Baznas,” paparnya.

BACA JUGA: Tangkal Radilakisme, Pemda dan Polres Konsel Gelar Pertemuan

Surunudin juga menuturkan, setiap tim yang telah dibentuk akan membawakan ceramah serta mendekatkan diri kepada masyarakat dengan mensosialisasikan seluruh program Pemda yang telah dilaksanakan dan akan dikerjakan ke depannya serta memberikan pemahaman pentingnya berzakat.

“Saya juga instruksikan kepada para Kepala Desa dan Camat agar pro aktif dalam kegiatan ini, salah satunya memberikan pemahaman dan pengertian kepada pemilik usaha hiburan, rumah makan dan warung agar tidak buka di bulan Ramadhan,” tegasnya.

“Kita putuskan untuk pembayaran Zakat Fitrah pada bulan suci Ramadhan 1439 Hijriyah yakni untuk Beras 2,5 Kg atau 3,5 liter dengan nilai uang bagi warga yang mengkonsumsi Beras Konawe sebanyak Rp 25.000 dan Beras Super Rp 30.000 Perkepala/jiwa,” imbuhnya.


Reporter: Erlin
Editor: Kardin

LEAVE A REPLY