NEWS

336 Desa di Konsel Telah Cairkan Dana Desa Tahap Dua

682
×

336 Desa di Konsel Telah Cairkan Dana Desa Tahap Dua

Sebarkan artikel ini

KONAWE SELATAN,MEDIAKENDARI.COM – Sebanyak 336 Desa di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), telah melakukan pencairkan Dana Desa (DD) tahap II tahun 2022.

itu dibenarkan oleh Kepala Dinas (Kadis), Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konsel, Anas Mas’ud saat dikonfirmasi MEDIAKENDARI.COM. Rabu, 7 September 2022.

“Kami berharap rencana program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang telah ditetapkan, bisa segera direalisasikan,” ungkapnya.

Mantan Kadis Kominfo Konsel itu mengatakan, sebelumnya, batas pencairan dana desa tahap II batasnya sampai 31 Agustus 2022. Artinya sebelum batas yang ditetapkan, seluruh desa di wilayah tersebut telah melaksanakan amanahnya.

Baca Juga : Cuaca Berubah-ubah, Dinas Pertanian: Tidak Semuanya Terdampak pada Hasil Pertanian

“Pencairan ini tak kendala, semua cair sebelum deadline waktu, yang telah ditetapkan. Proses pencarian sama saja dengan tahap sebelumnya. Yang membedakan, Pemdes diminta menunjukan surat pertanggungjawaban (SPJ) realisasi DD tahap I,” ungkap Alumni IPDN ini.

Terkait pencairan dana desa, kata dia, diharapkan segera menggerakkan ekonomi masyarakat desa. Menggalakkan berbagai kegiatan produktif serta mendorong pengelolaan sektor unggulan desa dan masyarakat.

Baca Juga : Karo Pembangunan Sultra Rincikan “Buah Tangan” Ali Mazi dan Lukman Abunawas

“Anggaran tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin dalam mendukung pelaksanaan pembangunan di desa. Juga menunjang pengelolaan pemerintahan. Meningkatkan perekonomian masyarakat berbasis pedesaan,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menghimbau seluruh kepala desa melaksanakan program pembangunan sesuai rencana atau program yang tertuang dalam APBDes.

“Intinya APBDes ini sudah running (berjalan, red), jadi belanjanya sesuai yang ada di APBdes. Kemudian pada saat penyusunan APBdes diawal tahun, harus berpedoman pada Perbup pengelolaan dana desa,” terangnya.

Penulis:Erlin.

You cannot copy content of this page