oleh

Cuaca Berubah-ubah, Dinas Pertanian: Tidak Semuanya Terdampak pada Hasil Pertanian

-NEWS-103 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Dalam beberapa minggu terakhir cuaca di Kota Kendari seringkali berubah-ubah. Adapun, beberapa dampak perubahan iklim antara lain adalah cuaca ekstrem, seperti hujan lebat dan kekeringan yang dinilai dapat mempengaruhi proses tanam dan hasil pertanian nasional.

Menanggapi hal tersebut, Dinas Pertanian Kota Kendari melalui Kepala Bidang Perkebunan dan Hortikultura, Zulkarnaim mengatakan, tidak semua komoditas tanaman pangan di Kota Kendari terpengaruh oleh kondisi cuaca yang berubah-ubah.

“Misalnya sawah itu tidak terpengaruh oleh kondisi cuaca. Mau kondisi hujan maupun panas dia sama sekali tidak terpengaruh karena dia menggunakan irigasi,” jelasnya.

Baca Juga : Harga Tiket Pelni Baubau Masih Stabil

Lanjut dia, pada komoditas perkebunan seperti sayur-sayuran jika cuaca hujan secara terus-menerus bisa menimbulkan hama pada sayuran. Dia mencontohkan pada tanaman cabai biasanya akan ditumbuhi oleh jamur dan hama kutu yang membuat buah menjadi busuk.

“Untuk cara penanganannya itu sekarang kita gunakan pestisida nabati yang dibuat langsung oleh petani di kota Kendari,” bebernya.

Zulkarnain mengatakan, pada tanaman jambu mete juga jika kondisi cua hujan terus menerus tidak akan membuahkan hasil maksimal.

“Memang ada pengaruh faktor cuaca tapi tidak terlalu signifikan. Artinya tidak terjadi pada semua jenis komoditas yang ada,” tutupnya.

 

Reporter: Dila Aidzin