oleh

10 Pasien Positif Corona di Sultra Dinyatakan Sembuh

Reporter : Febi Purnasari

KENDARI – Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan Covid-19 Sulawesi Tenggara (Sultra) menyampaikan kabar baik atas dalam penanganan pandemi yakni 10 pasien positif dinyatan sembuh, per hari ini, Sabtu 20 Juni 2020, pukul 17.00 Wita.

Juru bicara (Jubir) Gustu Covid-19 Sultra, La Ode Rabiul Awal mengungkapkan, 10 pasien yang sembuh baru hari ini berasal dari Kabupaten Kolaka Timur, Buton Tengah, dan Kota Baubau.

“Kasus sembuh sendiri terdiri dari Kabupaten Kolaka Timur empat orang, Kabupaten Buton Tengah empat orang dan Kota Baubau dua orang,” ungkap dr Rabiul Awal, dalam rilis data rutin Gustu Covid-19 Sultra.

Meski jumlah pasien yang sembuh terus bertambah, kata dr Wayong juga mengatakan gambaran kasus Covid-19 di Sultra masih terus berfluktuasi karena per hari ini juga masih terjadi penambahan kasus baru.

“Ini menandakan bahwa penularan masih tetap terjadi dan status pandemi belum berakhir. Oleh karena itu, menuju transisi normal baru, dalam upaya kegiatan masyarakat yang produktif atau dalam pelayanan untuk kepentingan masyarakat harus tetap patuh pada protokol-protokol kesehatan,” ujarnya.

Dijelaskanya untuk kasus baru konfirmasi positif sebanyak tiga orang yang berasal dari Kota Kendari satu orang yang terjaring dari pemeriksaan untuk melakukan perjalanan, dengan rapid-test hasilnya reaktif kemudian dilanjutkan pemeriksaan swab hasilnya positif.

“Selanjutnya Kota Baubau bertambah dua orang, ini juga bagian dari program screening dan deteksi yang dilakukan oleh gugus tugas kota, kemudian dilakukan Swab hasilnya positif,” ungkapnya.

Jubir yang akrab disapa dr Wayong ini menuturkan, ketiga kasus baru konfirmasi positif covid-19 ini dikategorikan sporadis karena transmisi atau asal penularannya belum bisa diketahui.

Sementara itu, untuk data per hari ini total kasus positif Covid-19 di Sultra mencapai angka 332 orang. Dengan rincian 113 orang masih dalam perawatan, 214 orang telah dinyatakan sembuh dan lima kasus meninggal.

Terkini